Kamis, 22 Juli 2010

funny things happened in palopo

i ain't never forget you,
PALOPO



ternyata saya salah banget nganggap pl 2 di kota palopo kali ini bakalan cacat. satu minggu pertama memang cacat banget. air gak ada, mau ke kamar mandi mesti lirik-lirikan sama tetangga, basecamp yang menurut saya nggak pantes dihuni dan lain lah yang bikin saya panas. haha x) tapi itu minggu pertama aja. minggu kedua setelah saya beradaptasi dengan baik dengan lingkungan kelurahan ponjalae, kota palopo, perlahan-lahan saya mulai jatuh cinta.

hari pertama masuk kantor saya kenalan sama pak lurah dan staf kelurahan. pak lurahnya kebetulan purna praja, satu almamater sama saya. kirain bakal galak gitu ketemu junior, eh ternyata dan ternyata baik banget. sering ngajakin jalan sama nraktir makan ($_$). haha. staf kelurahan juga gokil-gokil banget. bikin saya betah berjam-jam di kantor. di minggu pertama ini juga saya kenalan sama induk semang (hostfam)-nya praja putri. seperti saya ceritain sebelumnya, kami yang putra gak ada hostfam, malah tinggal di gudang. haha. tapi lama kelamaan gak masalah sih, karena saya lebih sering main di rumah hostfamnya putri. saya betah banget disana, bapak abdul rahman dan ibu hasni nggak memperlakukan saya kaya tamu, tapi kaya anak sendiri. saya jadi ngerasa punya orangtua di tanah sulawesi ini. thanks banget bapak-ibu, saya nggak akan pernah lupa kalian :)

3 minggu di palopo ternyata banyak banget kejadian lucu yang kadang bikin saya ketawa-ketawa sendiri. mulai dari bu naima, staf kelurahan yang mau ngejadiin saya menantu, sampai ngeliat langsung gimana proses jatuhnya ee dari dalam rumah. yuk saya ceritain satu-satu.


MAU GAK JADI MENANTUKU?
hari jumat, tanggal 2 juli 2010. hari pertama saya melaksanakan praktek lapangan di kelurahan. saya masuk kantor dan bikin grafik sama laporan situasi. pas saya lagi sibuk ngegaris-garis sama temen saya hariyanto tiba-tiba dateng ibu-ibu gendut, umur kira-kira 45-an. namanya bu naima.

ibu: waa, yang ganteng ini siapa namanya?
saya: *liat kanan kiri belagak bego padahal udah mau terbang karena dibilang ganteng*
saya buk?

ibu: iya, sudah punya pacar? (saya belum sempat jawab),
mau kau jadi pacar anakku?

saya: *glek nelen ludah*, hariyanto nyengir kuda.

MIYABI
di gudang basecamp kami itu bukan hanya ada dihuni sama saya dan temen-temen, tapi juga 2 keluarga lainnya. nah, bisa bayangin aja satu rumah dihuni sama 2 keluarga dan 11 orang praja kacaunya gimana. ternyata tetangga saya itu punya anak cewek usia 2 tahunan, namanya fadila, tapi saya dan temen-temen manggilnya miyabi junior. pas baru-baru nyampe, emang gayanya belagak baik gitu. pas udah semingguan, baru keluar deh nakalnya. ni anak hobi bongkar-bongkar barang saya. topi ped saya sampe copot labelnya waktu saya tinggalin ngantor. hape yang lagi saya charge di meja tau-tau udah nyampe di depan pintu kamar mandi, coklat wafer sama permen dalem tas sebagai alat ganjal laper, pas pulang kantor udah raib dengan kondisi tas terbuka lebar, jam tangan saya setelah hilang 2 hari eh tiba-tiba nongol diatas meja. lebih dongkol lagi waktu saya tidur tuh ni anak suka lari kesana kemari jerit-jerit kaya orang kesetanan beneran deh pengen saya gantung ni anak di langit-langit. awalnya sih saya biasa aja, ya namanya anak kecil. tapi lama-lama jadi gondok juga.
suatu hari si miyabi lagi sendirian lompat-lompat diatas sofa sambil teriak-teriak gak jelas. ciiiing…niat jahat saya langsung datang tanpa diundang. saya deketin tuh miyabi jr dengan tampang dimanis-manisin “hei adik manis..hei adik manis..sini kakak gendong”. eh ternyata rayuan maut saya berhasil, ni anak mau saya gendong. pas udah ada dalam gendongan saya, saya langsung angkat tinggi-tinggi deh dengan senyum licik. awalnya ketawa-ketawa karena seneng diangkat-angkat gitu. abis saya angkat-angkat, trus saya puter deh tuh anak. puteran pertama masih ketawa-ketawa, putaran kedua, ketiga, keempat juga. pas udah pusing dan ketawanya berubah jadi nangis baru deh saya lepasin. saya bediriin di lantai. eh dia yang lagi pusing malah langsung jalan ke kamar ibuknya. ya jelas aja jalannya sempoyongan kaya orang mabok megang-megang dinding. kocak banget deh sumpah. ternyata kejadian ini menimbulkan efek jera, si miyabi nggak pernah lagi mau saya gendong. haha. oia, saya lupa cerita, kenapa saya dan temen-temen ngasi nama miyabi? beberapa pics ini mungkin bisa menjelaskan:




MAU GAK JADI MENANTUKU? PART II

hari senen. saya masuk kantor lagi. eh ketemu ibu naima lagi. pas lagi sibuk nulis-nulis sama hariyanto. eh si ibu nyeletuk lagi.


ibu: eh, kau udah punya pacar?
saya: oh udah buk. hehe

ibu: mau kau jadi menantuku? anakku belum punya pacar. kukasi anakku sama kau. mau ya ya? saya: glek. hariyanto ngakak gila.

pas jam istirahat siang si ibu nongkrong sama temen-temennya. trus nunjuk-nunjuk saya sambil bilang ke temen-temennya 'itu calon mantuku'

CECEINGEK

mungkin bener kata hariyanto kalau saya itu punya aura bikin ibu-ibu demen sama saya. saya emang lebih nyambung ngomong sama ibu-ibu daripada sama bapak-bapak. saya cuma butuh waktu singkat untuk beradaptasi sama ibu-ibu. dalam hitungan hari, semua ibu-ibu rt dan ibu-ibu staf kelurahan udah kenal sama saya. objek yang paling mereka senangi dari saya adalah hidung saya yang nanggung ini. kalau udah pertemuan sama ibu-ibu rt atau ibu-ibu staf kelurahan, nih idung jadi bulan-bulannan deh, ditarik kesana, ditarik kesini. pas sesi foto-foto apalagi saya jadi objek rebutan ibu-ibu. ditarik kesana ditarik kesini. lama kelamaan ibu-ibu jadi manggil saya dengan nama ‘ceceingek’, bahasa bugis yang artinya hidung mancung. haha. hariyanto jadi iri, trus nanya ke saya “lo pake pelet apa sih?” haha. mungkin semua bilang saya pede gila ya. tapi suer deh, saya gak buat-buat. 3 minggu di palopo saya makin akrab sama ibu-ibu. pas saya balik ke makassar, ‘ibu-ibu’ saya pada nangis. waa, saya juga sedih ninggalin ibu-ibu. saya ngerasa bener-bener disayangi sama ibu-ibu ponjalae. ntar deh kalo saya punya waktu saya pasti jalan-jalan lagi ke palopo. come on honey, come to mama! HAHAHA.


EE' TERBANG

kawasan tempat saya praktek lapangan itu letaknya bener-bener di pinggir laut. jadi orang-orang lebih seneng bikin rumah panggung gitu. kalo air lagi pasang, bawah rumahnya kerendam air. kalo lagi surut berubah jadi daratan. pagi-pagi udah mandi, udah seger, saya jalan lagi bareng hariyanto ke kantor. tiba-tiba saya denger bunyi kaya tape jatuh, benyek gitu. eh saya langsung liat kanan kiri. masyaoloh. entah dosa apa, dari sebuah rumah saya liat ada benda kuning panjang jatuh dan ceepp langsung berhamburan pas nyampe tanah kaya tape. masyaoloh saya langsung nutup mata sambil bilang ke hariyanto “har, liat sebelah kanan deh”. hariyanto dengan muka inosennya langsung ngeliat. dan teriak “anjing!”. saya ketawa-ketawa ngeliat muka hariyanto langsung berubah pasi. kita-pun lanjutin jalan ke kantor dengan perut mual dan berpikir untunk nggak makan siang.


CARI JODOH
malam perpisahan dengan warga ponjalae. bapak-ibu RT ngadain acara karokean bareng di kantor kelurahan. karokeannya masih manual, pake kaset VCD. tau nggak, kaset yang ada cuma lagu-lagu dangdung roma irama dan sejenisnya sama lagu pop metal melayu total. semua pada nyanyi lagu dangdut. saya sih dibawa hepi aja, ikut-ikutan jingkrak sana jingkrak sini padahal musiknya dangdut abis. HAHA. tiba giliran saya untuk menghibur ibu-ibu bapak-bapak. dengan bangga saya berdiri di depan panggung sambil nyanyi
"ibu..ibu..bapak..bapak..siapa yang punya anak, bilang aku, aku yang kadang malu sama teman-temanku karena hanya diriku yang gak laku -laku..pengumuman-pengumuman...".

malu banget sebenernya, tapi ibu-ibu 'ceceingek' pada hepi ikutan jingkrak-jingkrak, saya mah lanjut aja. aduh, kalo inget tuh malam saya masih ketawa-ketawa sendiri.

sebenernya banyak lagi sih kejadian lucu selama saya tinggal di palopo selama tiga minggu. cuma kalo saya terusin takutnya kepanjangan dan ngebosenin. ntar deh saya tambahin lagi ok ok. hari sabtu tanggal 3 july saya dan temen-temen nyoba jalan-jalan kea rah tpi palopo. sempat ngambil beberapa gambar sih, ini nih












3 minggu di palopo udah membawa perubahan besar dalam hidup saya. saya jadi ngerasa banyak banget orang di dunia ini yang sayang sama saya. bapak abdul, ibu hasna, ibu hasni, nenek, cikal, bu naima, pak jahidin, ibu-ibu rt tersayang (saya kangen panggilan ceceingeknya), bapak-bapak rt, ibu-bapak staf kelurahan, makasi banget kasih sayangnya selama saya di palopo. bener deh, saya nggak pernah merasa se-berarti ini buat orang lain. kesedihan bapak-ibu waktu saya pamit balik ke kampus, sms-an dan telponan yang dateng 2 jam sekali pas saya udah sampe di makassar, bikin saya ngerasa hidup saya lebih berarti buat orang-orang disekitar saya. sungguh, saya nggak akan pernah lupa sama kalian. kalian udah saya anggap seperti keluarga saya sendiri.
love u all. :)



HANSBROWNSOUND

18 blabla(s):

ippaparazzi mengatakan...

ahahahahaha
tanggung jawab woy bikin aku cekikikan di depan laptop tengah malem gini hahaha
asli, kocak bgt!
luar biasa! ibu-ibu RT aja kena pelet! luar biasa!
jgn2 miyabi junior itu jg klepek-klepek sm km hahaha makanya dia ngegodain mulu haha

Hans Brownsound ツ mengatakan...

hahahaha. jiah. masi online aja. haha.
ntar deh aku uploadin fotoku sama ibu2. pasti lebih ngakak lagi.
waduh miyabi junior ampun dah.
gak nahaaan.
hahahaha..

Gie mengatakan...

orang gantengan pak nelayannya juga -.-'
itu yang ee' terbang bikin aku ngga jadi makan ah, gila ya, padahal tadi laper banget ! :p

Hans Brownsound ツ mengatakan...

hahaha. yaudah, sana kejar mumpung lagi sendirian pak nelayannya. hahaha :DD
WAAAAA..berarti cerintanya berhasil dong ya? hahahaha

Gie mengatakan...

karena aku bacanya sambil membayangkan kenampakan benda kuning tersebut .
HOOOOEEEEEEEEEKKKKKKKKKK !!!!!!!!
nggaaa lucuuuuuuu

deenee mengatakan...

eh,iseng banget sich mas ngerjain anak orang
hehehehehhe =D
koq ya enek2 wae tho ceritanya
jgagaggagagagaggaag
=D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

gie: yeye..ah si adek sok2an. padahal tiap hari juga ngeluarin begituan. HAHA

Hans Brownsound ツ mengatakan...

dhini: hahaha. ya gini kalau ISENGnya keluar dek.
hahaha. jadi enek to?

Gie mengatakan...

Dih, iya tapi ngga aku publish !
jorok ihhhh HUAHAHAH

deenee mengatakan...

enek tuh artinya ada mas,
jadine koq yo ada2 aja gitu lho mas,lafal e beda sama huruf e di jeruk,
:D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

dek gie:
HAHAHA. udah deh, semangat banget kita ngomongin si benda kuning itu. haha

Hans Brownsound ツ mengatakan...

dini:
tau kok dek. :D
jadi pengen muntah kn?

Lapak Mainan Online mengatakan...

iya ih hans ganteng banget! baru sekarang loh liat ada foto orang ganteng begini! (dan sadar kamera banget! hahaha)
kalo udah siap nikah, bilang2 ya! ada bbrp gadis yg sedang nyari nih...

-fany, ibu 2 orang anak-

Hans Brownsound ツ mengatakan...

mbak fany: thanks mbak :) terlalu berlebihan deh mbak ini. tapi syukur masih ada yang bilang ganteng ya mbak, biasanya dikira tukang sapu. hehe
thanks commentnya ya mbak :)

deenee mengatakan...

ah,jadi salah persepsi nich,
enek = ada,
lafal e beda sama enek = jd mau muntah
gituu masss

Hans Brownsound ツ mengatakan...

wadoh ribet dek. yaudah deh, gitulah pokoe. hahaha..

Lapak Mainan Online mengatakan...

bisa aja hans..rendahin diri tinggiin mutu ya?? hehehe...
i read you on kompasiana. well written young man :)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

waduh. mbak ini muji-muji mulu. kalo saya terbang ntar, siapa yang tanggung jawab? hehe
thanks alot mbak! *walo udah rada gak aktif sekarang*.

 

Blog Template by