Selasa, 27 Juli 2010

libukang island, palopo

LIBUKANG ISLAND!
july 3 2010
satu yang paling saya suka dari kelurahan ponjalae, tempat saya praktek lapangan 1-20 juli lalu adalah staf kelurahan dan masyarakatnya yang gaul dan hobi jalan-jalan. minggu, 3 juli 2010, saya dan temen-temen diajakin piknik di sebuah pulau yang terkenal paling angker seantero palopo. namanya pulau libukang, sekitar 30 menit kalo naek perahu motor.

minggu pagi sekitar jam 9an kita dijemput di basecamp sama staf kelurahan. kita lalu dibawa ke tpi, tempat perahu berlayar. saya hepi-hepi aja sih, emang dasarnya suka jalan-jalan. disana kita nungguin sampe semua yang mau ikut datang. setelah semuanya datang perahu motor dengan kapasitas 50 penumpang itu berlayar ke laut lepas.

perjalanan ke pulau libukang ditempuh sekitar 20 menit. nggak terlalu jauh juga sih dari darat. saya menikmati banget perjalan ini. untung cuacanya lagi baik sehingga nggak ada kendala samasekali. 20 menit ditempuh dengan sangat menyenangkan. apalagi dengan kehadiran artis yang lagi beken, CUT TARI. HAHAHA tapi boong. kita aja sih yang ngasi nama cut tari karena gaya si ibu yang rada ngartis gitu. Dari segi tampang, yah silahkan dinilai sendiri :)) yang pasti nggak jauh beda lah *ngakak gila*

pic dengan kesalahan fokus akut di pinggir dermaga


ouwooo i believe i can fly. LOL
*dengan style yang sangat sangat maching*


ponjalae residents, missing them sooo much. curious who's CUT TARI palopo?
she's on my BACK



this is libukang island


libukang from my ship


some pic of libukang

pas kita nyampe pulau libukang ternyata airnya lagi surut, jadi perahu motor kita gak bisa nyampe ke pulau. dengan sangat terpaksa kita harus turun dari perahu trus jalan ke pulau. kirain dalam gitu airnya, gak taunya cuma nyampe paha doang. tapi karangnya itu loh, tajam-tajam. kaki saya sampe lecet-lecet pas nyampe di pulau.

pulau libukang ternyata cakep. cocok banget buat piknik. nyampe di pulau ibu-ibu langsung nyari ranting-ranting kering buat bikin api unggun. sementara beberapa bapak-bapak nyari kerang buat dibakar. saya dan temen-temen lebih tertarik motret-motret sekeliling pulau. sebelum saya jalan-jalan keliling pulau, saya minta ijin sama bapak-bapak. katanya orang baru gak boleh jalan sembarangan. alhasil bapak jahidin ngajakin kita jalan-jalan keliling pulau.

konon katanya pulau ini dulunya ditempati sama satu keluarga, keturunan apa gitu, terkenal di palopo. salah satu keturunannya yang masih hidup adalah pak cakra yang rada-rada horor juga. saya sempat berkunjung juga ke rumahnya. bujubuset, rumahnya kaya hutan gitu, dikasi kayu yang gede-gede di atapnya, belum lagi patung yang mirip-mirip jin di kanan kiri, bikin merinding swing swing. di samping kayu-kayu besar itu dikasi menyan yang selalu dibakar. bener deh saya merinding abees waktu ke rumah bapak ini. kata orang-orang ponjalae sih, pak cakra ini pernah berenang sambil ngerokok ke pulau libukang. gila gak tuh?

oalah, kok jadi ngomongin pak cakra ya. kata pak jahidin, 'tour guide' kita, disini kita gak boleh asal-asal nunjuk. kalo misalnya ngeliat sesuatu yang gak biasa, diemin aja. takut kenapa-kenapa katanya. saya sih nurut aja. takut juga sih, apalagi saya bisa dikategorikan sering ngeliat yang 'aneh-aneh' gitu.

ternyata pulau ini gak ada penghuninya lagi selain sepasang kakek-nenek, tapi saya gak nemu. yang ketemu malah nenek-nenek pencari cengkeh. saya sempat nyapa juga. saya kira awalnya nenek ini penghuni pulau ini, tapi ternyata nggak, dia orang darat juga cuma nyari cengkeh aja ke pulau ini.

the cloves granny

some cloves

believe or not, these are GRAVE!
heran deh, kuburan kok dikasi kelambu segala



beware! orang gila naek perahu

kenapa saya bilang pulau ini aura mistisnya kuat banget? pertama, karena banyak banget pohon-pohon gede. kita semua tau lah ya, pohon-pohon gede biasanya 'sarang'nya apa. kedua, banyak banget kuburan! jangan harap bakal nemu kuburan yang ada batu nisannya disini. disini kuburannya rada beda, tapi sama aja, bikin bulu roma bediri. orang yang dikubur di pulau ini cuma orang-orang dari garis keturunan sama. kuburannya juga gak biasa. semua kuburan dibikinin rumah, lumayan gede, dan serem pastinya. beberapa kuburan juga dikasi kelambu, gak ngerti juga kenapa. saya gak berani nanya-nanya sih, takut 'ditanya-tanya' juga sama penghuninya.

puas jalan-jalan. saya balik ke tempat semula. aroma ikan dan kerang bakar langsung menelusup masuk idung. perut yang gak sabaran langsung krucuk-krucuk.saya dan temen-temenpun langsung menyantap makan siang. nyam nyam maknyos dah. waa kalo inget waktu makan bareng sama bapak-ibu ponjalae ini saya jadi kangen. gimana ya kabar ponjalae sekarang? sepi nggak ya sejak saya dan temen-temen balik ke kampus? -_-"

nongkrong bareng


lets baking the fish!


her name's amanda


nongkrong sambil nungguin ikan mateng.


beberapa keindahan libukang yang terekam di kamera saya:








abis makan siang, kita duduk-duduk nyantai sambil minum es buah yang udah dibawa dari rumah. seperti saya bilang tadi, orang-orang ponjalae ini walo tua tetep gaul. jiwa mudanya gak mati mati dah! lagi rame-rame nyantai dibawah pohon sambil menikmati angin yang bikin ngantuk eh tiba-tiba ada serangan air dari atas. semua langsung basah kuyup. pak nasir dengan bangga ngangkat embernya tinggi-tinggi. waaa. boleh, yang basah-pun gak mau kalah. alhasil terjadi perang air. kebayang gak gimana bapak-ibu 40 tahunan lari-lari saling ngejar. sumpah deh kocak banget. saya aja sampe kepingkal-pingkal. yang paling kasian temen saya hariyanto tuh. dia diangkat rame-rame trus diobok-obok di dalam air. untung aja gak kelelep,dianya nggak bisa berenang. hehe.

setelah puas seharian ngehabisin waktu sama ibu-bapak warga ponjalae. kita-pun naik ke perahu buat balik ke pulau sulawesi. haha. saya dan temen-temen duduk di samping perahu motor, kaki kami di air. kaya anak-anak ya? tapi seru. lain waktu boleh ni dicoba lagi. pengalaman di pulau libukang ini gak akan terlupakan. bener deh. thanks bapak-ibu ponjalae buat jalan-jalannya. inget-inget saya ya,
love u all :)

ada yang minat main ke libukang?


HANS BROWNSOUND


12 blabla(s):

Gie mengatakan...

ciee ini nih yang ditunggu hahah .. travelling teroooossss ..
aga porno nih si mas, ada Cut tarinya segala haha ..
gila ya, tiap bacain artikel mas berasa lagi nonton Jejak Petualang ajeh, ato enggak Petualangan Panji, ato engga Dora the explorer ! haha

Hans Brownsound ツ mengatakan...

waa. miss-comment-first-always udah dateng! :D haha. udah liat cut tarinya belom? itu loh yang seksi di belakang aku. haha.
wadooh. ngeledek nih, emang aku mirip dora ya? haha

Gie mengatakan...

ah engga ah, biasanya juga udah ada yang ngomenin :p
yang baju coklat itu bukan? wkwkwkwk
eksotis gitu soalnya :D

Gie mengatakan...

engga mirip Dora c, tp lebih mirip ke bootnya haha pisss ^^v

Hans Brownsound ツ mengatakan...

HAHAHA. iya :)) yg pake tanktop merah.
;(( waaa kejam,
masa dibilang mirip boots :((

Gie mengatakan...

Muaahahahah .. dia seksi sekalee !!
atiati ntar dijadiin brondongnya lo hahah :D
engga deng, mirip si bolang kali ya lebih 'ngena' gt .
ih fotofotonya bagus2 deh, jd penasaran sama tempatnya ..

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ayo. dateng aja ke palopo,
gak jauh kok dari makassar, cuma 10 jam aja. hahaha x)

BlogZZ Palopo mengatakan...

keren postingan lo sob.

Firfaus Sellomo mengatakan...

Subhanallah, ane pernah ke pulau itu, dan katanya nenek ku Hj.Khalijah katanya berasal dari pulau itu di beristri oleh H.Sallomo, masih katanya kalau puang Libukang itu kakaknya nenek ku , Walla a'lam bis showaf

Firfaus Sellomo mengatakan...

Subhanallah, ane pernah ke pulau itu, dan katanya nenek ku Hj.Khalijah katanya berasal dari pulau itu di beristri oleh H.Sallomo, masih katanya kalau puang Libukang itu kakaknya nenek ku , Walla a'lam bis showaf

Firfaus Sellomo mengatakan...

Subhanallah, ane pernah ke pulau itu, dan katanya nenek ku Hj.Khalijah katanya berasal dari pulau itu di beristri oleh H.Sallomo, masih katanya kalau puang Libukang itu kakaknya nenek ku , Walla a'lam bis showaf

Depan Depan mengatakan...

domino qiu qiu must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning bandar capsa

 

Blog Template by