Selasa, 13 Juli 2010

one night on bone bay, southeast celebes

satu malam di
teluk bone

sulawesi tenggara



sore sekitar jam 6, bang marwan, salah seorang staf kelurahan ponjalae ngajakin saya dan temen-temen untuk liat langsung gimana nelayan nangkap ikan di laut. kata bang marwan, nanti kita naik perahu selama 3 jam dari tpi ponjalae, ke tengah teluk bone tempat dimana terdapat kapal yang lebih besar untuk menangkap ikan, namanya bagan. tanpa pikir panjang lagi, saya langsung mengiyakan. begitu juga temen-temen yang lain. belum pernah kepikiran samasekali gimana rasanya ikut ngelaut bareng nelayan. sayang banget kesempatan langka kaya gini disia-siain. beribu upaya kami lakukan untuk memperdaya pengawas agar mengizinkan kami untuk mengikuti cruising ini. awalnya gak diizinin gara-gara alasan keselamatan, tapi setelah dirayu dengan alasan akademis yang agak sedikit mengada-ngada kami diperbolehkan ikut.

jam 4 sore, saya dan 6 temen lainnya: bangkit prastava adzi (papua), vernal michael vina (ntt), yohannes 'rully' rosres (papua barat), mukhlis karie (maluku utara), sudarman 'momo' musmin (sulawesi tengah), dan riza fahlevi (sumatera selatan) diantar sepeda motor menuju tpi, tempat kita berangkat. semua peralatan sudah saya siapkan, mulai dari biskuit cracker, minuman ringan, selimut, jacket, baju ganti, sampai kamera kiriman bokap saya. 5 menit sebelum keberangkatan, pawang lautnya bilang, kalau cuaca nggak baik, kita bisa sampai 2 hari di laut. nyali levi langsung ciut, apalagi ngeliat perahu kapalnya yang rada gak stabil karena over capacity. levi akhirnya memutuskan nggak tidak ikut. kita nggak tinggal diam, langsung ngejekin dia, tapi ternyata keputusannya sudah bulat. hell yeah, alhasil cuma saya sendiri makhluk dari kawasan indonesia bagian barat yang mengikuti cruising ini.

oia, sebelumnya saya mau ngasi tau dulu dimana letaknya teluk bone itu. coba deh liat pulau sulawesi. pulau sulawesi kan punya dua kaki tuh, nah teluk bone itu letaknya di selangkangannya. teluk bone ini yang membatasi antara sulawesi selatan dengan sulawesi tenggara. kata bang marwan, di teluk bone ini kita nggak boleh nunjuk sana sini sembarangan, jadi kalau mau nunjuk jari telunjuk kita harus dibengkokkan ke dalam. nggak tau juga kenapa. kata bang marwan memang udah tradisi turun temurun.

love the sunset

I KNOW, i look really weird if smiling! LOL


bone bay, we comee.

kami menaiki perahu kapal ukuran sedang bersama bang marwan dan beberapa orang nelayan. awalnya saya was-was juga sih ngeliat perahunya yang oleng-oleng. kata pak nelayan, gapapa sih, kalau udah jalan ntar gak bakal oleng lagi. perahu kapan berlayar tepat pukul setengah lima sore diiringi lambaian tangan levi di pinggir dermaga. saya sangat menikmati cruising ini. saya ngerasa bebas banget waktu berdiri di depan perahu kapal dan diterpa angin laut yang segar. saya teriak-teriakpun gak ada yang bakal dengar, soalnya suara mesinnya kenceng banget, sampai telinga saya jadi budeg gini. air laut perlahan berubah dari coklat, biru, biru tua, sampai akhirnya hitam. perjalanannya sangat menyenangkan, apalagi sambil ngeliat sunset di pegunungan toraja yang hangat. di perjalanan menuju bagan saya ngeliat hewan-hewan laut unik contohnya: burung laut, ikan terbang, ikan buntal yang banyak durinya sampai lumba-lumba. saya nggak tau awalnya kalau di teluk bone itu ada lumba-lumba.

2.5 jam perjalanan, kita akhirnya nyampe di bagan ato kapal yang lebih besar untuk menangkap ikan. dari jauh bagan-bagan itu keliatan cakep banget karena sekelilingnya banyak lampu dengan tenaga generator. ternyata dan ternyata, nggak ada tangga buat naik ke atas kapal. kita harus lompat dari atas perahu kapal ngejangkau kayu diatas bagan, kalau berhasil ngejangkau kayunya, dengan sedikit usaha bisa naik ke atas bagan, tapi kalau pegangan meleset, siap-siap aja nyebur ke laut nemenin hiu dan ular laut. hehe. syukur banget saya berhasil naik tanpa kendala.

nyampe diatas saya baru sadar, kalau ternyata bagan itu nggak full kayu semua. bagan itu kaya kapal biasa, cuma ada sayapnya. sayapnya itu terbuat dari kayu yang gak ketutup semua. jadi cuma beberapa bagian yang ada kayu pijakannya. diantara kayu-kayu pijakan itu bolong langsung ke laut. jadi kalau salah langkah pasti langsung nyebur ke laut yang dalamnya 40 meter. di bagian sayap yang terdiri dari kayu dan bambu ini dipasang jaring yang luasnya sama kaya luas sayap bagan. jaringnya dipasang sampai dasar loh.

di atas bagan saya kenalan sama para nelayan. diluar dugaan, ternyata mereka ramah-ramah. dalam pikiran saya, nelayan itu kasar-kasar karena sehari-hari biasa kerja yang berat-berat. satu yang paling baik, bapak yang pake tshirt pink. yang nawarin saya buat tidur di dalam bagan, karena kalau tidur di luar bisa masuk angin, angin laut kenceng dan kapal yang goyang mengikuti arus bikin kepala puyeng. emang sih kalau diatas bagan itu puyeng banget, soalnya bagannya bergerak terus, apalagi kalau anginnya kenceng .

Di atas bagan saya mengamati gimana caranya nelayan nangkap ikan. seperti saya bilang tadi, jaringnya dipasang di sayap bagan. jaringnya itu tenggelam sampe dasar. tiap 2 -3 jam sekali jaring diangkat dengan tenaga manual. nelayan-nelayan ntar narik jaring pake kumparan yang berat banget. temen-temen saya yang nyoba ngangkat, tangannya pada pegel-pegel semua, bahkan rully, telapak tangannya jadi bergurat-gurat kaya mau ngeluarin darah gitu. berhubung saya (selalu) berfungsi jadi bagian dokumentasi, saya nggak ikut narik. Dalem ati, pantesan otot-otot nelayan pada gede-gede kaya binaragawan. ternyata ini rahasianya.
mau liat gimana prosedur ngangkat jaringnya? yuk mari-mari.




  • nelayan masang jaringnya dulu. jaringnya ditenggelamkan sekirat 30 meter ke bawah, nyampe dasar kalau bisa. Ini harus dikerjain sama-sama, gak bisa kalau dikerjain satu orang aja. Nelayan ini kekompakannya tinggi banget. Semuanya bekerja sama dengan satu tujuan! DAPET BANYAK IKAN. Kalo dapet banyak ikan, berarti juga banyak uang. Kalau banyak uang, bisa nyenengin anak-istri yang nunggu di rumah. apalagi sekarang kan musim taun ajaran baru. anak-anak perlu sepatu baru, tas baru, buku-buku baru, seragam baru, dan lainnya yang serba baru. memang deh bapak-bapak yang bertanggung jawab, mantaffoo.
  • nelayan bisa nyantai 2-3 jam. nungguin ikannya dateng. biasanya nelayan ngobrol-ngobrol sambil minum kopi. ada juga yang tiduran di sela-sela kayu. saya sendiri ikutan nimbrung denger cerita nelayan. ternyata dan ternyata biaya pembuatan bagan tersebut kira-kira 250 juta. saya bengong nggak percaya to, kok bisa segini mahal. ternyata yang bikin mahal itu kayunya. kayu yang dipake gak boleh kayu sembarangan. harus kayu yang bener-bener kuat, biar bagan bisa tahan bertahun-tahun di tengah laut.
  • abis puas cerita-cerita, tiba saatnya mengangkat tangkapan. semua lampu dimatikan,dan kumparan diangkat. satu dua tiga satu dua tiga. berat banget kata temen saya. tapi kerennya, pas nelayan bekerjasama, jaring terangkat dan terlihatlah hasil tangkapan yang melompat-lompat. :D
  • setelah kumparan diangkat, saatnya mengangkat jaring secara manual. saya hepi banget ngeliatnya. ini pertama kali dalam hidup saya ngeliat cumi dalam keadaan hidup. dalam hitungan menit ikan akan mati karena kehabisan napas, dan saatnya para nelayan mengelompokkan makhluk laut itu berdasarkan jenisnya. semuanya dimasukkan dalam basket masing-masing.

dan parapapa, lihat hasil tangkapan kami!





sampe disitu aja? nggak! ikan yang bisa ditangkap pake jala ini cuma ukuran sedang. bagaimana dengan ikan besar? caranya begini nih, kan tadi ikan-ikan kecilnya udah diangkat semua. biasanya ikan besar itu nggak jauh-jauh dekat situ, jadi nelayan memanfaatkan keadaan. hehe *bahasanya geeeng*. nelayan ngambil ikan yang masih idup, lalu mulutnya dicantolin kail dan dilepas lagi di laut. jadi pas ikan itu kemakan sama ikan besar, otomatis ikan besarnya ikutan ketangkep. ikan besar ini biasanya kuat banget. nelayan biasanya bantu membantu kalau dapet ikan. tau harga ikan yang gede ini bisa nyampe berapa? 200-300 rebu! pantesan nelayannya girang banget kalo dapet ikan!

ini beberapa picsnya:





ikannya udah dapet, sekarang waktunya istirahat! bapak yang bajupink itu sigap ngambil beberapa ikan en cumi lalu dibawa ke dalem. ikan en cumi itu nggak dibersihin, nggak diapa-apain langsung dimasak di tungku sama bapak baju pink, hitungan beberapa menit aja and parapapa.. makan malam selesai! saya sempet jijik juga sih waktu tau ikannya gak dibersihin sama sekali, tapi pas semua temen pada nyoba, bodo ah! saya ikutan makan. ternyata cumi setengah matengnya enak gila! saya nambah berkali-kali. beberapa temen saya sempet nyobain 'pocok' (ikan mentah), tapi saya nggak dink! takut mual. bapak yang baju pink itu emang servisnya manteb. dia bikini kita kopi juga. suer deh gak bakal lupa pengalaman ini.
setelah 2 trip, saya dan teman-teman mulai kelelahan. sekitar jam 2 pagi, kita pamit untuk istirahat di dalam bagan. saya dan temen-temen tidur nyenyak sampai jam 5.30 waktu kami dibangunin untuk kembali ke darat. hehe. setelah semua ikan dibawa ke perahu kapal, pamit-pamitan dan ucapan terimakasih sama pak nelayan, kami turun ke perahu kapal (dengan cara yang sama: ngelompat). perjalanan pulang dimulai!



i swear, the squids is really delicious

ternyata laut kalo pagi-pagi itu dingin benjeeet. saya udah pake sweater tebel tapi masi aja kedinginan. gelombang air laut juga kenceng banget kalo pagi-pagi gini, akibatnya air keluar masuk ke dalam perahu kapal dan kita semua pada basah.

perjalanan kembali ke darat ditempuh selama tiga jam. nyampe di darat apa yang kita lakukan? yah, nyampe di tempat pelelangan ikan, ikan-ikan kami diserbu sama pembeli. pembeli biasanya beli ikan dalam jumlah besar, untuk disalurkan lagi ke orang-orang. jadi mungkin aja ikan yang lagi kamu makan sekarang itu adalah ikan hasil tangkapan saya. hohoho.


come back to the land


momo, me and pace rully


just need 10 minutes, and selled!


some weird fishes and shark


believe it or not, this is mini lobster


top: lobster and omi. omi could stick
you and suck ya blood.
so stay away from it
bottom: palolo fish and sea snake


cruising ini bikin saya sadar kalau hidup itu emang butuh perjuangan, gak bisa enak melulu. saya nggak bayangin deh kalo misalnya saya ditakdirkan hidup sebagai nelayan, harus melakukan hal ini setiap hari dalam hidup saya. oh tidaak. pak nelayan juga ngajarin saya gimana kita sebagai lelaki harus bertanggung jawab. liat pak nelayan, dia rela ke laut mempertaruhkan nyawa, rela gak tidur semaleman, rela dingin-dinginan di bagan, dan rela-rela lainnya untuk mencari sesuap nasi buat anak-anak dan istrinya di rumah. hebat ya!
pokoknya cruising ini bener-bener unforgettable dah!
thanks fisherman!


HANSBROWNSOUND

17 blabla(s):

ippaparazzi mengatakan...

ga di darat, ga di laut teteeeeeep aja narsis
geez, i envy you! seru bgt pengalamnmu boi! berminat pindah profesi? :p
i don't think your smile is weirdo
smiling is better than pasang-tampang-sok-cool
:)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

hahaha. :B
NGGAK. cukup coba-coba aja. nggak minat samasekali jadi nelayan. haha
HAHAHAHAHAHA.
anehnya aku ngerasa kalau aku senyum mirip topeng monyet dek.
hahaha
seru kan? seru kan?
lebih seru lagi yang di tanatoraja.
coming soon!

Gie mengatakan...

waahh ganteng bangeeetttt..nelayannya ... hahah :p

Hans Brownsound ツ mengatakan...

HAHAHAHA. udah punya istri tuh.
masi MAU? hehehe. bodinya bagus ya. kalah telak deh aku. hehehe

Gie mengatakan...

hahahah apaan coba, bikin ngakak nih :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

HAHAHAHA.
jieee. gita naksir pak nelayan. HAHAHAHA

Gie mengatakan...

eh eh nyebelin banget sih, dih masa aku mau jadi istri mudanya pak nelayan hahah
ntr pak nelayannya lgsg nyanyi "Heeeyyyy senangnya dalam hati, kalu beristri duaaa"
hahahahahhhahaha

zulhamhafid mengatakan...

kapan2 cobaik 'pocok' mas... mirip sushi... :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

dek gie:
hahahaha :p istrinya udah 2 dek. jadi kamu jd istri ke 3 hehehe x)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

zulham:
iya mas. pas di bagan, temen saya nyobain semua. cuma saya yg nggak.
unforgettable lah pokoknya pengalaman disini.
LOVE THIS TOWN SO MUCH.

Gie mengatakan...

ih kaya ga ada cowo laen aja haha

Hans Brownsound ツ mengatakan...

HAHAHA. nah loh, yg bilang cakep tadi siapa haha :D

Gie mengatakan...

oh NO, aku khilaf >.<'

Hans Brownsound ツ mengatakan...

HAHAHA. kalau mau gapapa kali dek. WUAHAHAHAHAHA

Gie mengatakan...

Hey, aku wanita normal(?) !
hahahah

Hans Brownsound ツ mengatakan...

jiahahaha. siapa juga yang bilang kamu gak normal, dek dek..

frangky aas kahol mengatakan...

ijin kaka....mantab....mantab sampe....saya hanya bisa berkata mantab buat kaka donk!!!!!! bhineka nara eka bhakti,,.......!!!!

 

Blog Template by