Senin, 16 Agustus 2010

break time crafting

Break time crafting!
Hello :D


udah satu bulan ini saya kerjaannya gak jelas, berasa jadi pengacara, pengangguran banyak acara. haha. tiap hari kerjaannya gitu-gitu aja. bangun tidur, mandi, sarapan, tidur-tiduran, makan siang, tidur-tiduran lagi, mandi, makan malam, tiduran lagi, begitu aja terus tiap hari, bener-bener gak produktif deh pokoknya. lama-lama bisa impoten kreativitas deh saya ini.

pasti banyak yang nanya ya, kenapa nggak pulang ke padang aja kalo emang gak ada kerjaan di kampus? hehe begini, ini salah satu resiko kuliah di perguruan tinggi kedinasan, kita cuma bisa pulang kampung sesuai tanggal yang udah ditentukan aja a.k.a CUTI. cuti tahun ini rada beda sama taun lalu. taun lalu cuti lebaran nyampe 2 bulan lebih, nah tahun ini? cuma 1 bulan doang. saya kurang tau juga sih kenapa pulang aja pake ditahan-tahan segala, padahal hampir nggak ada kegiatan samasekali di kampus, cuma ngabisin duit negara aja kaya gini.

karena gak tau lagi mau ngapain, saya dan temen satu kamar saya, anak banjarbaru Kalimantan selatan, yes! MEMED, muter otak gimana supaya waktu luang yang panjang ini nggak terbuang percuma aja buat tidur. Kita pengen bikin sesuatu yang bermanfaat, yang bisa datangin rupiah. Maklum, namanya juga anak kuliahan, ekonomi serba terbatas haha.

saya coba googling-googling aja, siapa tau dapet inspirasi gitu di internet, dan hasilnya, parapapa. gara-gara baca beberapa tutorial crafting di website maupun blog, saya jadi benar-benar terinspirasi! besoknya saya langsung bilang ke memed, dan untungnya memed setuju-setuju aja. besoknya lagi, kita langsung nyari bahan-bahannya di pasar sentral. rada nggak macho sih emang, masa cowok keliling-keliling pasar nyari kain, gunting, sama benang. haha, tapi nyantai aja ya, terserah dunia mau bilang apa! :p

setelah puas keliling-keliling pasar, ketekpun udah bleber kecapean, bahan-bahannya juga udah ada semua dengan hati riang kami balik ke kampus. kita beli bahannya dikit aja sih, namanya juga masih coba-coba. takutnya kalo beli banyak, bukannya untung malah bunting, eh, buntung maksud saya. *kan gak lucu juga kan gara-gara beli kain dan benang kebanyakan, tiba-tiba saya langsung bunting* oh mama tidaak!

semua bahannya udah ada noh kan, kayanya belum lengkap ya, kalo belum bikin nama perusahaan. jiahaha, najis banget sebenernya. sedikit muter-muter otak untuk nyari nama perusahaan yang kreatif,


akhirnya terpilihlah satu nama yang menurut kami mewakili semuanya:


"HANDMED"



filosofinya:

pertama, handmed merupakan plesetan dari handmade,
ato dalam bahasa indonesianya buatan tangan
kedua, handmed sebenarnya adalah gabungan nama saya dan memed.
*masyaallah romantis sekali bhahaha*
ketiga, karena emang produk kami ini basisnya handmade
alias 100% manual pake tenaga hans dan memed. ;p


dengan berbekal kemampuan yang pas-pasan, saya ngerencanain pembuatan craft ini sama memed. kita dari awalnya pengen buat gantungan kunci sama handphone case aja, yang ada ‘praja-praja’nya, karena emang target pasar kita dari awal emang masih di lingkungan ipdn regional makassar aja, lebih spesifik lagi, targetnya cewe-cewe. cewe-cewe kan biasanya seneng tuh sama yang lucu-lucu ya ga ya ga? berhubung saya jago gambar (*ngook), saya yang bikin desain produknya gimana. *lama-lama berat juga nih bahasa*. saya coba bikin desain gantungan kunci praja dengan berbagai kostum, pakaian dinas upacara sampai training, setelah selesai baru memed yang mindahin desainnya ke digital lewat corel draw, dan sret sret sret,
desain selesai!








setelah desain selesai, kami langsung ke pembuatan. saya yang bener-bener baru dalam hal jahit menjahit sempat kesulitan awalnya,, tapi setelah memed ngajarin, akhirnya saya terbiasa juga. bikinnya gampang-gampang susah sih, yang jelas butuh kesabaran tinggi. kalo nggak sabar, pasti deh nggak bakal selesai. selain itu mesti teliti, kalo nggak teliti jahitannya bakalan keliatan berantakan dan tak sedap dipandang, hoho. nah saya yang orangnya gak sabaran dan gak teliti harus kerja ekstra keras biar bikinan saya nggak amburadul kaya buatan anak tk.
siapa bilang cowo nggak bakalan bisa berurusan dengan jarum dan benang.
perlu bukti? yuk mari kita liat, hp case buatan saya:






oh

ini juga ada beberapa hasil kerja keras saya dan memed:



mini muts. muts itu adalah penutup kepala
praja saat menggunakan pakaian dinas harian.

yang kita bikin ini persis mirip yang asli,
cuma ukurannya aja yang mini.



gantungan kunci pdu (pakaian dinas upacara).
sama kaya muts juga, s
emuanya sesuai yang asli,
cuma ukurannya aja dikecilin. :)


gantungan kunci dek. what is dek? coba deh liat picnya.
jangan liat manusia yang di belakang saya,
makhluk yang satu ini emang sering nongol di foto-foto orang hehe.
liat yang di pundak saya, nah itu yang namanya dek. dek ini sebagai tanda pangkat praja. kalo bintangnya belom ada, berarti si praja masih muda praja (tingkat 1),
nah kalo bintangnya 1,2 atau 3, berarti prajanya udah tingkat madya, nindya, dan wasana.
thanks to allah, dalam minggu ini saya bakalan naik tingkat ke nindya praja. byebye dek bintang satu! eh, kok cadi curhat dadakan ya? oia, lanjut gan, yang kita bikin ini ukurannya hampir persis dengan yang asli, cuma yang kita bikin ini terbuat dari kain dan diisi dengan busa, jadi keliatan menggembung gitu. ini adalah produk andalan kita yang paling banyak digemari. hehe x)





superman

untuk sementara mungkin saya dan memed bisa bikin yang begini aja dulu. belum ada niat buat melebarkan sayap untuk jenis lain haha. yaiyalah, bikin beginiaan aja udah setengah mati. tapi ora opo-opo, kudu semangat yo rek kalau mau dapet rupiah
money *mata ijo*.

hasil kerja keras kami ternyata nggak terlalu buruk untuk beginner, dibuktikan dengan respon yang sangat baik dari temen-temen, gak temen-temen cewe aja ternyata, cowo-pun banyak yang kesengsem.

akhirnya waktu nggak terbuang percuma, apalagi bulan puasa gini. kan sayang banget ya, waktu yang panjang cuma dipake buat malas-malasan, tidur-tiduran dan hal-hal yang gak produktif lainnya. setidaknya dengan bikin-bikin beginian waktu saya nggak terbuang percuma, dan lebih bagus lagi bisa bikin kantong tebel. hehe x) omsetnya sebenernya nggak terlalu banyak, tapi cukup lah buat buka puasa yang enak-enak. ato kalo saya hemat, ditabung dikit-dikit ntar bisa ngeganti hape saya yang ilang beberapa waktu lalu T.T. oh sebaiknya saya nggak ngomong masalah hape, karena saya tau itu hanya akan membuka luka lama.
:(

gimana, inspired? or interested? wanna buy some?
haha. gak mahal-mahal kok hasil karya saya ini,
cuma 10 ribuan doang kok. ayo mari-mari, hehe x)

come on


the crew:


sumpah deh ini bukan foto prewedding. hehe
love

happy
HANSBROWNSOUND
representing handmade

10 blabla(s):

ippaparazzi mengatakan...

loh beneran direalisasikan ya handmadnya? kyaaa nyolong start lu, sini belom mulai situ udah sakses gitu haha
kewreeeen bgt kak, kalo kt rianti good job i like it!
so, masih ada lowongan manajer kan?
hahaha

DeAnAiNi mengatakan...

han!!! i want one of ur handmad,.,,
cute!!

deenee mengatakan...

mas hans, koq belum mudik sich ?
itu mas satria seangkatan mas aja yg di nangor udah pulang koq ke madiun koq, cuma yaa aku belum ketemu sich >_<
pdhl masie punya janji ntar mau ngopi bareng2 sama temen2 seangkatannya

anw, aku juga bikin loohh tp belum berani publikasi, soalnya jahitanku berantakan sana sini,,
ada bintang, bunga matahari, lope2, smile yang kuning, haahaha,
tadi malem dapet fb-nya hand craft aku mas, distu barangnya lucu2+buatan tangan :)

Angel's Bl09 mengatakan...

ha! mas hans jago juga ya buat handmade gitu.kalo uda pensiun buka aja toko handmade.pasti laku..^^he..

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ippa
yaiyadoong. gak bakal jadi mah kalo cuma rencana doang. hehe.
boleh. mau jadi menejer?
menejer no pay ya. haha x)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ayu
waaa. just take it yu! :DD which one do you like?

Hans Brownsound ツ mengatakan...

deenee
hei. loh, satria yang mana dek?
aku yang seangkatan malah gak tau. haha x)
wedew. jadi bikin juga to? manteb dong.
ayo buruan dipublish.
pengen liat hehe x)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

angel
:D waaa. hahaha.
amin amin.
thanks ya angel.

ria mengatakan...

so cuteeeeeee!!!
i wanna some :)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

you can get some, FREE if you pick it up on my dorm in makassar haha :D

 

Blog Template by