Rabu, 23 Maret 2011

île, je viens ici

Hello Pals!
Berhubung saya baru saja ikut trip ke Pulau Samalona, saya mau share some useful tips nih buat yang mau traveling ke pulau yang letaknya terpencil atau bahkan gak ada penghuni samasekali. Siapa tau bisa membantu bagi yang niat untuk jalan-jalan.


Sebelum berangkat ke Pulau yang dituju, sebaiknya browsing-browsing dulu di internet mengenai pulau yang dituju, jangan nekat juga pergi ke pulau yang bahkan denger namanya baru sekali, bisa-bisa nyawa jadi taruhannya. Jangan lupa juga cari biaya perjalanannya, misalnya biaya sewa perahu pulang-pergi, atau kalau disana ada resort, berapa biaya penginapannya. Jadi kita nggak mudah ketipu sama oknum-oknum yang mencari keuntungan dalam ‘ketidaktahuan’ kita.

Sendals and short are the best! Pas jalan kemarin saya pake training sama sepatu kets dan hasilnya semuanya basah diterjang ombak. Pulang dari pulau saya terpaksa membersihkan pasir dari sepatu kets, saku jacket dan celana saya. Buat cewe-cewe yang biasa pake sepatu hak tinggi kemana-mana, udah deh, di pulau nggak ada catwalk atau panggung miss universe, jadi gak perlu dandan cantik-cantik. Pake sendal dan celana pendek aja cukup.

Bawa persediaan makanan. Di pulau yang dihuni tidak terlalu banyak orang biasanya harga makanan bisa melambung sampai beberapa kali lipat. Waktu saya ke samalona lalu tau nggak berapa harga makan malam untuk 10 orang yang ditawarkan ke kami? Satu juta! Pret. Kalo satu juta mending ngais-ngais tanah yah atau lompat ke laut sekalian nangkap ikan. Mie instan kayanya bisa jadi pilihan, jangan lupa bawa termos air panas plus coffee. Duduk di pinggir pantai malem-malem mengelilingi api unggun, ngobrol ngalor ngidul sama temen-temen sambil menikmati secangkir kopi, pasir putih dan ombak. what else more interesting than that, people?

Ini list beberapa barang yang kudu dibawa: Jacket/sweater, udara malam yang basah gak baik buat kesehatan. Lebih baik antisipasi dengan menggunakan jacket/sweater. Jangan sampai setelah bersenang-senang kita harus mendekam di tempat tidur berminggu-minggu karena sakit. Lotion anti nyamuk, di pulau nyamuknya bisa dua kali lebih ganas. Jarang-jarang liat makanan enak kali ya. Sunblock, kalo nggak mau pas pulang nanti kulit perih kebakar matahari, lebih parah lagi, disangka orang negro. Bawa pakaian lebih banyak dari yang direncanakan, bersiap untuk kemungkinan terburuk. Kaya temen saya waktu itu, bawa pakaian secukupnya aja, nggak taunya celananya basah kena ombak, yasudah, terpaksa pakai sarung sampai celananya kering. Korek api dan senter, ini benda kecil manfaat besar, jangan sampai lupa.

Segini aja dulu, ntar kapan-kapan saya tambahin.
Happy traveling all!


14 blabla(s):

dhe_bie mengatakan...

waahh, jadi pengen traveling lagi.. di Palembang gk ada laut hans, sayang banget yaa..

didi-aNNa mengatakan...

nice tips hans! ^^

Gogo Caroselle mengatakan...

interesting,
dan bener banget!
*hugs hans*

Ewi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ewi mengatakan...

saya orang sini,, walaupun aslinya bkan org makassar, tpi seumur2 blum pernah ke samalona. Hikshiks,, kasiankumi kodonk T_T

Senjana Jingga mengatakan...

kalau penginapan mahal, bawa tenda ajah...hahaha. pernah sekali tidur di pinggir pantai cuma bekel sleeping bag..waktu subuh bangun, untung ngga dikira ikan pesut terdampar sama nelayan yang baru pulang melaut. haha

NIT NOT mengatakan...

ntar diajakin juga teman2 bloofer jalan2 di makassar gimana..heheee...

Hans Brownsound ツ mengatakan...

dhebie: hello dear. haha, iya, dari palembang ke laut perlu berjam2 yak?

Hans Brownsound ツ mengatakan...

didi:
thanks didi
^_^

Hans Brownsound ツ mengatakan...

gogo:
thanks dear. hugs! :)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ewi:
hehe. jadi bukan asli makassar ya ew?
asli mana dong berarti?
ayo ayo jalan. :))

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ica:
hahaha kocak.
tapi bener banget!
kalo penginapan mahal, mending pake sleeping bag aja ya ca.
:D
mending dikira ikan pesut. kalo dikira kantong mayat gimana? hehe

Hans Brownsound ツ mengatakan...

nitnot:
beres, gampang itu mah. hehe,
kita kan mau gathering nih bulan april :)

Ewi mengatakan...

ewi orang bone,, bugis asli,, tulen 100%. Tau daerah bone gak?? (daerah sini juga kok..4 jam perjalanan dari makassar)

 

Blog Template by