Kamis, 07 April 2011

bus, je viens ici

Saya mau share dikit nih, tips-tips ‘jalan-jalan sendiri’ saya, buat yang seneng jalan-jalan kesana sini sendirian, biar kita terbebas dari niat-niat jahat yang datang tak dijemput, pulang tak diantar itu. Kali ini saya bahas masalah jalan-jalan dengan bus, lebih khusus lagi bagaimana strategi biar aman di terminal dan tempat yang baru pertama kali kita kunjungi. Yuk check these out.


Persiapan pertama, sebelum naik bus. Perhatiin dulu barang-barang bawaan kita. Kalo saya biasanya bawa backpack dan tas sandang kecil. Barang-barang berharga seperti hape, dompet, atau laptop taro di tas sandang aja, itupun sebaiknya letaknya agak disamarin. Jangan ditaro ditempat-tempat yang umum. tas sandang ini sebaiknya kita bawa ke tempat duduk aja, untuk kepentingan safety tentunya. Nah, backpack boleh ditaro di tempat tas diatas bangku kita.

Pas diperjalanan, kita kan satu bangku sama orang dengan kemungkinan hampir 100% tidak kita kenal. Taro tas berlawan arah dari temen duduk kita. Kalo ngobrol juga sekedarnya aja, jangan terlalu percaya dengan orang yang baru kita kenal. Obrolin masalah umum-umum aja, jangan omongin masalah pribadi. Tau nggak kalo orang yang lagi memikirkan masalah pribadi itu lebih gampang dihipnotis. Bisa-bisa abis curcolan, turun dari bus, barang udah ilang semua.

Jika sudah sampai di terminal tujuan, periksa bangku dan bawahnya, pastikan kalau nggak ada barang yang ketinggalan. Jangan ngeloyor aja ke luar. Ini sempat jadi pengalaman buruk juga sih buat saya. Saya pernah gak ngecek hape pas turun dari bus, eh udah turun dari bus ngecek hape ternyata nggak ada. Pas naik lagi, tuh hape udah raib. So, hati-hati. Jangan sampai ada barang ketinggalan. Menyesal itu datangnya kemudian loh.

Saat turun dari bus biasanya kita berdesak-desakan kan? Nggak tau juga tujuannya apa. Wong turun pertama atau terakhir sebenarnya sama aja. Malah lebih safety kalau turun terakhir, saat abang-abang penarik tas yang nanya ‘mau kemana mas.. mau kemana mas” (baca postingan sebelumnya) udah sibuk dengan penumpang lain. Nah kalau kebetulan ada abang-abang yang nanya mau kemana, mending bilang sama abangnya “mau ke damri” atau “udah dijemput”, dua mantra yang bikin abang-abang itu pergi begitu saja. Pengalaman saya, sebaiknya diminimalisir berhubungan sama abang-abang itu, karena mereka memang suka maksa. Kalau udah gitu mah ceritanya sama kaya temen saya waktu itu, dipalak ujung-ujungnya.

Jika gak tau harus pakai kendaraan apa untuk melanjutkan perjalanan, jangan tanya sama sembarang orang. Niat jahat bisa dimana aja. Apalagi di kota besar, orang udah gak peduli lagi sama rasa kemanusiaan, yang paling penting buat mereka itu uang. Jalan terbaik untuk nanya kendaraan selanjutnya adalah mampir di warung terdekat, beli minuman atau makanan kecil, nah tanya deh sama yang punya yang punya warung. Jauh lebih akurat dan jauh lebih aman.

Mau menunggu kendaraan selanjutnya? Tunggu di tempat yang agak ramai! Jangan coba-coba menunggu di tempat sepi. Usahakan jangan terlihat seperti kebingungan, karena orang-orang dengan niat jahat udah hapal banget gimana memanfaatkan orang yang kebingungan.

Happy backpacking all! :)

12 blabla(s):

Ewi mengatakan...

pertamax gak yahh...

:) nice info hans ^_^ kamu hobby jalan2 juga yahh ??

didi-aNNa mengatakan...

the nice one!
thanks for the tips. :D

ria mengatakan...

hans hobi bangeet jalan2 deeh. seruuu jadi punya banyak pengalaman. ngirii!!! hehe

gloriaputri mengatakan...

wah...tips nya oke punya niii hans....
thanx 4 share the tips :) aq lom pernah sih backpackeran sendirian...biasanya rame2 sama temen...jd ni tips oke bgt bwt jaga2 klo sendirian :)

Enno mengatakan...

bener banget! tipsnya semua selalu aku lakukan sejak dulu... secara aku biasa di jakarta yg orgnya ganas2 haha...

:D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ewi:
pertama dong.
yaha. aku suka banget jalan2 ew.

Hans Brownsound ツ mengatakan...

didi:
you're welcome didi! :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ria:
ayo jalan bareng ria. hehe :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

glo: thanks gloo :D ayuk jalan-jalan hehe

Hans Brownsound ツ mengatakan...

enno:
bener enn. jakarta ganas-ganas banget orangnya yak. makanya aku gak mau lama-lama di jakarta hehe.

Rhyfhad mengatakan...

asiik juga yah tipsnya ..
cowok tampan itu tidak harus jalan bersama cewek baru di bilang tampan .. hehehee..

salam kenal ..
singgah juga ke blogku yahh ..

Hans Brownsound ツ mengatakan...

rhyfad:
ya jelas dong.
yang namanya tampan tetep tampan.
*preet dah dilempar sendal. haha.
yoi, segera meluncur.

 

Blog Template by