Kamis, 07 April 2011

from bandung to padang

Saya pengen lanjutin cerita liburan desember lalu. yan belum baca click disini. Setelah dapat pengalaman horror di curug orok, saya jera, udah deh kapok gak pengen kesono lagi. Saya malam nginap di jatinangor dan siangnya gentayangan di bandung. Saya menghabiskan uang tabungan saya selama berbulan-bulan hanya untuk belanja di distro-distro sepanjang jalan trunojoyo. Saya bener-bener kalap, apalagi ada sale akhir tahun, saya jadi makin susah menahan nafsu belanja saya. Saya baru tau loh ternyata saya kalo belanja bisa gila juga, tapi setidaknya masih bisa dimaklumi, saya berbulan-bulan cuma pake baju dinas kemana-mana. Liburan adalah satu-satunya waktu untuk bisa menjadi siapa saya, tanpa harus terikat dengan baju dinas coklat ini. Saya beli dua tas, backpack ouval research dan tas sandang gummo footwear yang kebetulan lagi diskon. Saya juga beli dua sweater, dua jeans, juga tiga kaos. Sampai-sampai duit saya menipis dan terpaksa minjem duit temen saya buat pulang ke padang. Begini nih manusia kalau lagi kalap.

Hari jumat pagi saya pamit sama temen-temen saya di jatinangor untuk balik ke depok. Dari tol cileunyi saya naik bis jurusan kampung rambutan, cukup dengan tigapuluh ribu rupiah aja. Saya gak inget berapa lama perjalanan karena saya ketiduran dan baru sadar waktu udah deket kampung rambutan aja. Di kampung rambutan saya turun paling akhir dari bis, tanya kenapa? Yang udah pernah ke terminal kampung rambutan pasti tau yang saya maksud. Yah, abang-abang yang suka narik-narik tas dan maksa buat ngangkatin walaupun kadang gak kita butuhkan. Kalo turun paling terakhir ya jelas, abang-abang noh udah bertebaran ngejar penumpang yang turun duluan. Salah satu strategi nih, catet.




Turun dari bis saya langsung nyari angkot ke rumah tante saya di cimanggis, jurusan cisalak. Naik taksi mahal, bisa 80ribuan, mending naek angkot aja 3 rebu nyampe. Hehe. Saya nunggu angkot ditempat yang agak rame sampai ada 4 orang sangar dan badannya besar-besar dateng ke saya. Dengan belagak lagi nyari-nyari orang, dia tanya “eh mas, mas yang dari cirebon kan? Yang ikut rombongan tadi kan?”. Saya langsung ngerti apa maksud dan tujuan orang-orang ini sebenernya, modus lama sih. Saya langsung menjaga kesadaran diri. “bukan mas,” saya jawab singkat aja. “oh bukan ya mas, terus mas darimana?”. “dari jatinangor”. Trus ni orang nepok-nepok pundak saya, saya menghindar. “kuliah ya mas disini?”. Saya diem aja, nggak saya jawab. “eh biasa aja dong mas, kami ini gak niat jahat” katanya. “yaiya mas, saya mah biasa aja”. Abis itu mereka ngomong gak saya tanggapi lagi, sampe satu diantara mereka marah dan nepok dada saya. Saya diem aja, dan akhirnya mereka pergi (dan nyari korban lain). Ckck, saya cuma ngelus-ngelus dada. Susah banget emang mendapatkan rasa aman di negara kita tercinta ini, bahkan untuk di tempat publik seperti ini.

Terminal kampung rambutan dari dulu emang terkenal ya menjadi surga kriminalitas. Tukang copet, tukang palak, tukang hipnotis dan tukang-tukang lainnya kayanya udah jadi pemandangan biasa aja. Makanya kita mesti hati-hati, apalagi buat yang baru pertama kali kesini, pasti langsung jadi objek ‘niat jahat’. Orang jahat disini udah hapal banget bahasa tubuh orang kebingungan. Jadi kalo nyampe sini pura-pura ngerti aja. Terus cari tempat makan yang aman, duduk dulu sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Backpacking sendirian emang susah susah gampang, tapi disitu seninya. Kita bisa jalan kemana yang kita mau tanpa harus mikirin argumen orang. Tapi satu hal yang paling penting yaitu kita harus bisa jaga diri baik-baik kalo nggak mau ntar pulang tinggal nama doang.
Dua hari di depok saya diajak adik saya keliling kampusnya di UI. Saya baru tau kalau di UI agi dibangun perpustakaan terbesar di asia tenggara. Ternyata di sisi akademis negara kita nggak jelek-jelek amat ya. I'm proud to be indonesian. Saya nongkrong sambil online di bougenville-nya UI nungguin adik saya selesai kuliah. Setelah puas melanglang buana seharian, saya pulang ke rumah tante, adik saya pulang ke kosannya, karena emang di kosannya gak diijinin cowok buat masuk. Saya langsung packing karena besoknya saya akan terbang ke tanah kelahiran saya tercinta, sumatera barat.

bougenville, universitas indonesia


the biggest library in southeast asia, Indonesia.


afternoon in UI

Saya berangkat jam tiga subuh dari depok, naik damri ke bandara. Pesawat saya take off jam 6 pagi, kalau nggak mau telat dan terpaksa beli tiket lagi, ya terpaksa saya naik damri pocong. Buset, jam 3-an ternyata PSK masih sibuk seliweran yak. Gak tau deh berapa ronde semalam itu. Saya kaget banget waktu perempuan keluar dari balik pohon tiba-tiba. baju putih lagi, saya kira kuntilanak awalnya.

Syukurlah pesawatnya nggak ngaret. Kita take off sesuai jadwal. Di pesawat, saya satu bangku sama kakek-kakek. Sumpah gayanya songong banget. Kayanya pejabat tinggi gitu deh. Dia nggak bisa nyalain screen yang di depan kita. Nggak ngerti tapi pura-pura ngerti karena malu sama saya. Dia mencet tombol ini itu sesuka hati sampai akhirnya screennya bunyi ‘tit..tit.tit’ dan terpaksa pramugari dateng buat benerin. Pas nyalain musik abis itu, ternyata musiknya gak mau nyala. karena gengsi di hadapan saya, dia langsung pake earphone sambil pura-pura denger musik. padahal saya tau banget kalau musiknya gak nyala. Saya pura-pura nggak tau aja. Abis songong sih. Bok ditanya ke saya gimana nyalainnya, eh ini sok jaga gengsi. Resiko tanggung sendiri. :p

the screen that i've told you haha


my breakfast


brekafast in my camera


my desserts


my morning tea





Saya akhirnya tiba di kampung halaman tercinta dengan selamat. Ntar deh saya cerita ngapain aja saya selama dirumah :)

Have a nice day people!

13 blabla(s):

phie mengatakan...

manusia yang jarang liburan sekalinya liburan kayanya asik bgt ya..
hahahahahhaha..
beda ama yang liburannya teratur,, tiap minggu santai..
liburan kayanya uda hal yg biasa..
harusnya bersyukur org" yg jarang liburan..
liburannya kerasa maksimal walaupun ujung"nya ngendon d rumah..
(^o^)

gloriaputri mengatakan...

hans, maw nanya dong....km pake apa buat ngedit fotonya? biar bs dikasih tulisan gt....aq lg belajar ngedit foto soalnya :)
oya, klo soal kp.rambutan uda tau bgt aq....emang parah bgt deh..
eniwei, itu foto terakhir foto org tua yg sok tau itu ya?

Hans Brownsound ツ mengatakan...

phie: hehe. yagitu deh pie.
ngendon di rumah sebenernya lebih enak loh. haha.

Hans Brownsound ツ mengatakan...

glo:
kalau mau edit pake tulisan gitu pake photo editor apa aja bisa glo :D
iya. ampun deh. kalau gak hati2 disono bisa jadi korban tindakan semena-mena kite.
iyak! hahaha. itu si bapak lagi pura2 denger musik. haha

gloriaputri mengatakan...

gimana ceritanya bs nyolong motret si bapak itu? km pake kamera apa emang? koq bs gag ketauan motret si bapak songong gila itu? hahhahaha

Hans Brownsound ツ mengatakan...

gak tau dianya. dia lagi pura2 denger musik waktu itu, eh ketiduran.
langsung ambil kamera, pura-pura motret sekeliling. hahaha :p

gloriaputri mengatakan...

ijinkan saya ketawa ngakak se ngakak ngakaknya...
huakakakkakakakakakka.....
mukanya blagu emang...pantesan sotoy gt....wkwkwkwkkwkwkwk

Hans Brownsound ツ mengatakan...

hahahaha. banget glo. biarkan dia jadi konsumsi publik sekarang. haha :p

maidiyanto rahmat mengatakan...

asyik-asyik foto tangkapanmu ndri,
jadiin blog sendiri aja di tumblr, pasti rame,haha..
buat koleksi poto gitu..

oiya, di detik.com ada blog khusus tentang traveling, sharing2 cerita aja disana..

phie mengatakan...

iia c hans..
emang enak d rumah..
tapi kalo ujung"nya jadi bengong bahaya juga..
haha..
bole tu kali" share tips biar ga bengong d kosan..

Hans Brownsound ツ mengatakan...

okeeeh. ditunggu ya ^^_

Hans Brownsound ツ mengatakan...

mede: okai memedeeee. thankssss..

Syaifullah Arifin mengatakan...

Sebelumnya salam kenal ya brow...
kamu anak Padang ya? Kebetulan aku juga anak padang sob.. hehe

Wah.. pintar ya bisa kuliah di UI,, utk kuliah di UNAND aja mati-matian apalagi UI (aq) hehe...

semoga liburannya menyenangkan dan dapat uang lagi buat bayar pinjamannya itu wkwkwk...

semoga berhasil ya sobat kuliahnya..

salam Blogger dan KBw .. sukses ^_^

 

Blog Template by