Senin, 30 Mei 2011

Afternoon on KRI Surabaya

Hello woods!
Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan mengunjungi satu kapal perang Indonesia. Siang tadi, Mae ngajak saya buat ketemuan sama temennya, taruna akademi angkatan laut yang lagi PKL dan kebetulan singgah di Pelabuhan Makassar. Jarang-jarang nih ya bisa mengunjungi kapal perang, ya saya iyain aja ajakan Mae, plus ngajak Mede dan Astos as always. Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kapal perang, jadi mohon dimaklumi aja kalo rada-rada katro. Lagian basic saya kan pemerintahan yak, bukan militer. hehe.

Dari kampus kita langsung jalan ke Pelabuhan Makassar. Dua tahun tinggal disini, belum pernah saya masuk pelabuhan ini walaupun sering bolak-balik di depannya. Kami agak kesulitan muter-muter pelabuhan nyari ntu kapal sampe akhirnya ada bapak-bapak baik hati yang nunjukin kapalnya. Sampai di pinggir darmaga, kami disambut sama temennya Mae. Namanya Agus. Orangnya ramah, tipe-tipe mas-mas Jogja umumnya lah. Kami diajak keliling-keliling kapal. Dan, apa yang ada di pikiran Mae tentang kapal perang ternyata berbeda dengan yang kita temui. Mae bilang di kapal perang itu ada tank baja apa segala macam kendaraan perang begono, dan ternyata nong hadong! Yang kami temui malah lapangan olahraga (biasanya buat landing heli), studio musik, dan kamar-kamar ala hotel. cakep banget deh suer. Saya jadi kepengen satu atau dua minggu ngerasain berlayar sama itu kapal. Satu dua minggu aje yeh, kalo lebih mah ane gak sanggup. hehe.

KRI Surabaya, itu nama kapalnya. Kapal perang jenis ini ternyata jumlahnya hanya 5 di Indonesia. Coba noh bayangin Indonesia segede bagong gini kapal jenis begini cuma 5, gimana ntar kalo perang sama negara lain yak? Peralatan di kapal buatan Jerman ini bisa dibilang lengkap, tapi lebih lengkap lagi dua kapal yang mendampinginya. Saya lupa cerita ya, kalo ini kapal nggak berlayar sendiri, tapi dilengkapi 2 kapal jenis berebeda yang mendampingi. Bener deh, saya berasa ada di sebuah misi berbahaya seperti di film-film hollywood *masakecilkurangbahagia*.

Saya diajak jalan-jalan ke Anjungan kapal, tempat kemudi kapal. Saya mau nanya dulu nih, orang yang kerjanya mengemudikan kapal ini namanya apa?? siapa?? nahkoda?? bagoooooooos. ternyata anda sama gebleknya sama saya. Kapal perang seperti ini nggak ada nahkodanya, yang ada cuma Kapten sebagai pimpinan tertinggi di oraganisasi ini yang bertanggung jawab terhadap seluruh awak kapal dan mengendalikan jalannya kapal. Segitu aja sih. Saya nggak bisa lama-lama karena jam enam sore saya sudah harus masuk kampus yang sangat saya cintai dan banggakan ini. :)

last, enjoy the pics ya.

this is, makassar harbour


pelabuhan yang panas dan gersang

welcome board


di landasannya


our red and white, stand forever


tinggal dorong ke bawah dan sret, jadilah sekoci


ruang kendali


ruang rapat

yes, KRI Surabaya














9 blabla(s):

Senjana Jingga mengatakan...

kamu ini...sempet aja jalan-jalan meski lagi sibuk *sirikberat*

Accilong mengatakan...

ckckckkckck.. jalan2 terus diks satu nie.
mantab euy..:D

Bayu Hidayat mengatakan...

keren broo. wah pake seragam ipdn. makin keren aja. kayak tentara kapal broo. ganteng

Enno mengatakan...

hihi kapal perang emang keren ya? aku jg pernah naik KRI... berlayar pula... Dewa Ruci, hans!

:P

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ica: iya dong ca. walaupun sesibuk apa, yang namanya jalan-jalan teteeeeep.

Hans Brownsound ツ mengatakan...

k acci: yoi dong kak. jalan bareng yok yok

Hans Brownsound ツ mengatakan...

k acci: yoi dong kak. jalan bareng yok yok

Hans Brownsound ツ mengatakan...

bayu: haha :)) thanks pujiannya brother. membuat saya terbang melayang. wakakaka

Hans Brownsound ツ mengatakan...

enno: waa keren. dalam rangka apa enn?

 

Blog Template by