Selasa, 09 Agustus 2011

from my heart

pada dasarnya, saya ini orang yang liberal. saya tidak suka mencampuri urusan hidup orang lain dan saya tidak pernah membeda-bedakan orang berdasarkan strata sosialnya. orientasi seksualnya, jenis kelaminnya, atau apalah. mau normal, gay, lesbian, transgender, atau pelacur sekalian, i don't give a damn. selama mereka menghargai saya, memperlakukan saya dengan benar, dan tidak mengusik hak-hak saya, saya memperlakukan mereka sama. i never judge people, karena keyakinan saya, semua orang punya hidup sendiri, dan mereka berhak memilih yang terbaik buat mereka. karena yang tau apa yang membuat mereka bahagia adalah diri mereka sendiri. bukan saya, bukan orang lain. jadi saya atau siapapun sebenarnya tak berhak memaksa mereka menjadi apa yang ideal menurut pemikiran kita.

hari ini saya dapat message dari salah seorang teman blogger yang bilang kalau ada ada seorang blogger yang menulis tentang saya, dan dia gay. otomatis saya langsung shock, langsung buka link yang dia attach. saya langsung berpikir 'cobaan jenis apa lagi ini'. karena dalam mindset saya kata 'gay' itu udah deket banget maknanya sama 'kekacauan'. trauma, karena foto-foto dan hal-hal tentang diri saya udah banyak disalahgunakan oleh beberapa orang gay tidak bertanggungjawab. dan untunglah, dari cara menulisnya sepertinya dia ini seorang yang terdidik, bukan seperti orang yang memalsukan akun-akun saya. saya hargai pendapatnya, saya berterimakasih atas supportnya. baca tulisannya -- disini

di blog tersebut ia mengatakan, kenapa para gay senang mengcloning saya? karena saya dan seragam saya menjadikan saya gay idol. karena saya sealable. wajah ganteng, kulit putih, tubuh seksi (yang jujur, saya sendiri tidak pernah sadari) dan ia bilang saya seharusnya bangga karena saya diklon. jujur, saya bingung. saya merasa diri saya hanya seperti orang-orang lainnya. bebas menulis tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan di blog pribadi, berinteraksi dengan teman-teman di jejaring sosial dan tentunya mendapatkan rasa aman, seperti orang-orang lainnya. tetapi kenyataan yang saya hadapi, kenapa saya selalu dihadapkan pada masalah-masalah terkait dunia maya ini, padahal teman-teman yang lain tidak? fine, kalau di mata sebagian orang saya dianggap rupawan. haruskah saya ubah wajah saya seperti katak supaya orang-orang berhenti bermasalah dengan saya?

mengagumi seseorang adalah hal wajar. semua orang juga berhak mengagumi asal tau batas-batasnya sampai dimana. jika cloning facebook dianggap karena 'kagum', saya anggap itu upaya pembenaran yang luar biasa menyimpang. jika kau mengagumi seseorang, bukan berarti kau harus menciplak seluruh hidupnya kan? berpura-pura kau adalah dia, dan meyakinkan semua orang kalau kau adalah dia?

di blognya, ia juga mengatakan bahwa saya terlalu terbuka, blog saya seperti buku harian yang terbuka buat siapa saja untuk membaca. begitu juga foto-fotonya. mungkin benar yang ia sampaikan, saya terlalu terbuka dengan kehidupan pribadi saya. sungguh saya tidak punya niat apa-apa untuk menulis. saya menulis karena saya senang menulis, terlepas bagus tidaknya tulisan saya. menulis adalah satu-satunya pelarian saya disaat tak satupun orang yang bisa saya ajak bicara. memang saya sadari kadang saya menulis hal-hal yang terlalu personal. saya tak punya tujuan lain, selain pembaca blog saya bisa mengambil hal-hal positif dari tulisan saya dan membuang hal-hal negatif. seperti manusia pada umumnya, saya tidak sempurna, tidak akan pernah sempurna. mungkin jika banyak hal-hal negatif dari tulisan saya, itu karena saya manusia, bukan malaikat. dan jika hal tersebut dijadikan alasan buat segelintir orang untuk mengusik kehidupan pribadi saya, saya berjanji, mulai saat ini saya tidak akan menulis hal-hal yang bersifat personal lagi. biarlah tulisan-tulisan 'berat' saya tersimpan rapi di buku jurnal.

jika saya banyak menampilkan foto-foto saya di blog ini, bukan karena saya sok ngartis atau cari popularitas. sungguh, saya bukan orang yang mengelu-elukan popularitas. malah buat saya, popularitas itu seperti bumerang yang siap mengacaukan apa saja. jujur, saya lebih nyaman menulis ketika tak seorang-pun ngefollow blog saya, daripada sekarang ini. saya menampilkan banyak foto hanya untuk membuka mata kita semua, betapa indahnya negeri kita indonesia ini. salah satu tujuan dari blog saya ini adalah promosi pariwisata indonesia. saya berjalan dari satu tempat ke tempat lain, mengabadikannya, mempublikasikannya disini hanya untuk tujuan agar kita, orang indonesia bangga dengan negeri kita. begitu banyak ternyata tempat-tempat indah di negeri kita yang mungkin belum pernah kita bayangkan. lainnya, saya mempromosikan indonesia pada dunia, biar teman-teman saya di luar sana terbuka matanya dengan keindahan indonesia. biar mereka tak hanya menganggap indonesia itu negara miskin terbelakang, yang masyarakatnya masih kencing dan minum pada tempat yang sama. saya ingin sekali suatu saat pariwisata indonesia akan semaju pariwisata negeri-negeri tetangga. dengan blog ini saya membawa teman-teman saya untuk mencicipi indahnya indonesia. teman-teman dari malaysia, lithuania, russia, amerika serikat, taiwan, dan jepang telah menginjakkan kaki di indonesia setelah membaca blog ini.

mungkin saat ini ketidaknyamanan saya terhadap dunia maya sudah mencapai puncaknya. mungkin sudah saatnya saya berhenti menulis tentang apa yang saya fikirkan dan rasakan. juga berhenti berkoar tentang tempat-tempat indah di negeri ini. sudah saatnya mungkin, saya membiarkan mereka berdiam manis di dalam folder di laptop, tanpa seorangpun yang mengusik. saya berjanji, right after facebook memblokir akun palsu 'handry febrian z', saya akan menutup facebook saya untuk umum, karena sekarang akun facebook tersebut masih saya perlukan dalam upaya pemblokiran akun facebook palsu. menunggu waktu yang tepat, saya juga akan menutup blog ini untuk khalayak ramai, cukup saya, malaikat dan setan-setan saya saja yang membaca updatenya. agar tak terjadi lagi masalah-masalah seperti sebelumnya. berat rasanya memang, tapi saya perlu belajar. belajar tidak menulis. belajar tidak berhubungan dengan orang yang tidak saya kenal. karena saya rasa itulah satu-satunya cara bagi saya untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

terimakasih untuk Jejaka Stories, atas masukan dan tanggapannya. gbu, brother.

sungguh, jika wajah saya ini sangat mengganggu bagi kalian, tolong carikan saya toko wajah untuk mencari penggantinya, agar saya bisa menulis dan berkarya sebebas yang lainnya.


16 blabla(s):

NIT NOT mengatakan...

tetaplah berkarya...

Enno mengatakan...

ini adalah perasaan yg sama, yg aku rasakan setelah plagiat besar2an tulisanku smp ke negeri jiran. kecewaaa banget. pengen marah, pgn nangis, dan pgn ngapus blogku.

aku cm mau bilang, jgn patah arang. krn byk, lbh byk yg sayang sm kamu, suka baca tulisan kamu dan peduli sm kamu. setidaknya aku.

klo blog ini kamu tutup, akan byk yg sedih. byk yg mrs hidupnya teramputasi. krn tau ga, byk yg baca blog kita sbg temen sarapan, temen maksi, atau mkn malam. sbg ritual sblm tidur, dsb. byk yg akan lbh patah hati dr kamu. tegakah kamu?

keputusan ada di tgn kamu sih hans... sbg org yg pernah terhantam di dunia yg sama, aku cm bs kasih masukan.

tar kpn2 kita chat lagi yaaa

cheers :)

Inez mengatakan...

Sy udh baca review di "Jejaka's Stories". Dan sy cukup setuju sm pemecahan masalah dia. Biarkan saja krn nanti pasti ketauan. Tp jelas Kk bakal kesel kalo sy bilang, "Biarin aja." Itu artinya sy ga mikir dr kacamata kk.. Tp klo mau realistis, memang org itu (hampir) ga bisa diapa2in selain di laporin, kan?

Sy selalu punya keyakinan kalau yg benar pasti menang. Jadi, jangan kabur dari masalah! Kk keluar (dr fb/blogspot) sm aja kk kalah. Lagian, dengan dihapusnya akun kk, memangnya foto2 kk yg beredar (mungkin lbh luas dr yg kk tau) bakal hilang? Memang nama kk bakal hilang? Memang kk bakal hilang?

Plus, yg jadi sumber masalah itu BUKAN kk ato muka kk ato sragam kk ato badan kk ato blog kk ato apapun lah! Semua jg tau yg salah siapa! Klo kk nyalahin fisik sendiri, bukannya itu penghinaan besar2an ke diri sendiri, org tua dan klo mau lbh ekstrim lg, Tuhan? Kok mikirnya gitu sih Ka?!

JANGAN buang diri dong! Bangun! Kalo sulit melawan, bertahan! Jangan keluar dari arena!

Dan, "belajar tidak berhubungan dengan orang yang tidak saya kenal"?!
Ga ada pelajaran (yg baik) macem ini! Mungkin keamanan bs didapet, tp memangnya ada kenyamanan disitu? Kenyamanan NGGA cuma ditawarkan keamanan. Sy tau dlm hati jg kk tau kalau ini salah. Kk bukan org bodoh. Tp kalau msh ragu, ayo kita taruhan. Hitung brp banyak 'org ga dikenal' yg kk temuin di dunia maya dan ternyata menyenangkan, dan brp banyak 'org ga dikenal' yg kk ga suka macem plagiator2 tanpa otak itu.

Maaf kalo sy terkesan marah dan menyerang, karena memang iya sy kesel sm kk. Krn sy ga mau kk kalah dan sy ga tau cara lain selain ngomong spt ini. Sy udh ga bisa pura2 'lembut'. Biar pembaca2 lain aja yg ngehibur kk. Maaf, kalo terganggu sm sy, bilang aja langsung sm sy. Sy ngerti.

Oh ya, ga ada yg salah sm blog ini. Ga ada yg salah sm keterbukaan kk di blog ini.
Dan kalau pun kk ttp ngehapus blog ini, sy tau pasti nanti kk sendiri yg terganggu, sekecil apapun itu, pasti ada rasa ga enak.

Satu lagi, berkarya itu selalu bersifat bebas. Ga ada yg bisa merubah ato ngambil itu dr kk. Bahkan K.Hans sekalipun.

Setelah ini, sy bakal ngerasa ga enak sm kk. Sy bakal ingin ngehibur kk. Tp sy tau sy bener. Jd sy ga akan ngehapus comment ini.
Semoga kk ngerti.

Bayu Hidayat mengatakan...

yahh bro jangan di tutup lah. kan udah keren blog nya. lagian kalo di plagiat. yahh biarin aja. yah itung itung biar bisa jadi pahala bro. ayo semangat lagi broo.

jangan marah marah bulan ramadan. hehe

Dana Paramita mengatakan...

yaelah bang pelisssssssssss kenapa solusinya mau brenti nulis sih?? trus abang pikir kalo udah ngehapus semuanya trus masalahnya juga kehapus semua gitu??
hellooo bang hans. aku suka lho sama blog kamu, tiap kamu posting baru pasti aku baca, ga pernah absen. sayang kan kalo dihapus.. sabar aja bang hans, ini cobaan di bulan puasa, Allah kan lagi nguji abang, nah tunjukkan kalo abang tuh kuat. bang hans bisa kok pasti ;)

arik mengatakan...

Terimakasih sudah mengapresiasi ulasan dalam blog saya dengan baik.

Terimakasih juga jika Hans tidak menjudge bahwa semua gay identik dengan kekacauan. Gay sama juga dengan straight. Ada yang berkelakuan baik dan ada yang berkelakuan buruk. Yang menjadi pembeda hanya masalah ketertarikan secara sexual.

Teruslah menulis, Hans.

Masih banyak orang-orang yang membutuhkan dirimu. Masih banyak hal-hal yang ingin orang baca dari dirimu.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Sukses selalu untukmu.

Nindya Resha Pramesti mengatakan...

aku setuju sama inez :)
kak, aku juga minta maaf kalo selama ini aku ada salah sama kakak yaa..

ini semua cobaan, bukan salah siapa-siapa kok. kakak yang sabar ngadepin semuanya tetep semangat dan yakin kalo masalah keya gini pasti selesai.

jangan lupa berdoa kak, soalnya mau bagaimanapun, mau kayak apa juga kita menolah TUHAN, hidup kita nggak akan mungkin bisa lepas dari kuasaNYA,

Aku minta maaf kalo selama ini aku ada salah kata sama kakak, mungkin memang ideologi kita beda kak. Aku bukan orang liberalis, justru aku orang yang menganggap bahwa ideologiku yang paling bener.

tapi terlepas dari itu semua, aku akan tetep mendukung kakak sebisa aku. meski kita ngga kenal.

tetep semangat yaa! yang sabar :))

ada banyak orang yang ada dibelakang kakak, jadi jangan sedih.

Urkhan mengatakan...

kayaknya away itu bukan solusi tepat mas hans, tulisanmu itu ditunggu orang banyak.. :)

urkhanblog.com

Inggit Inggit Semut mengatakan...

ya ampun mas jgn pergi doong.
aduh gmn ya emg susah s jadi orang ganteng. saya yg cewek aja langsung cengarcengir sendiri liat foto2 mas hans, lah apalagi para gay...

Cindikya mengatakan...

aku memang belum pernah ngalamin, hans, ,tapi sayang banget kalo kamu g bisa share lagi,hak setiap orang buat berbicara, toh kamu g ngeganggu orang lain,,*aku suka baca harian travelingmuu
tapi aku yakin kamu punya banyak pertimbangan buat memutuskan hal ini,, tapi semoga kmu berfikir dengan tenangg!;)

niclit mengatakan...

lah, gimana mau jadi lurah kalo ketemu masalah langsung kaburrrrr.
tapi itu pilihan elo.
satu waktu nanti bisa jadi lo dapet award sebagai 'lurah mendadak kabur terbaik' dan gua akan bertepuk tangan paling keras!

Adindaku mengatakan...

Hans,,,sebelum ku tuliskan byk komentar disini ku hnya berharap km bs MEMBACA/MENCERNA/MEMAHAMI komentku dgn baik. Awalnya ku akui sempat ku menilai km itu sok banget tp ternyata setelah ku coba baca isi blogmu km orgnya asyik tdk seperti yg ak nilai sebelumnya :). Justru ku salut dgn semua cerita2mu atau malah ak pgn banget bs menulis cerita dlm blog ku seperti cerita2mu yg suka jalan2 posting tempat2 wisata tp sayank jalan kehidupan orang2 itu kan beda dan bwt ak itu nilai plus... :)
Hans,,,dmna dirimu yg cuek?yg kekeh pd pendirian dan pendapat km???knp km jd DOWN n PESIMIS begitu??? SALAH Hans klo km bersikap dan merasa seperti itu karena setiap orang itu bebas berkarya, bebas mengeluarkan pendapat kita masing2 apa yg km katakan dlm blogmu itu sama halnya dgn diriku "selama mereka menghargai saya, memperlakukan saya dengan benar, dan tidak mengusik hak-hak saya, saya memperlakukan mereka sama. i never judge people, karena keyakinan saya, semua orang punya hidup sendiri, dan mereka berhak memilih yang terbaik buat mereka. karena yang tau apa yang membuat mereka bahagia adalah diri mereka sendiri. bukan saya, bukan orang lain." (tidak jauh beda pemikiranku dan pemikiranmu) tapi sayank dirimu menyerah begitu ajah. Memang pernah jg ku mengalami hal yg sama hnya berbeda permasalahannya. Hans, apa yg km rasakan saat ini adalah sifat manusiawi atw suatu kewajaran yg dirasakan oleh seseorang so bwt ap km jd pesimis gitu?? Percayalah, ku rasa apa yg km rasakan saat ini hnya sementara utk menguji mentalmu Nah Lo seorang abdi negara masa kalah dgn mental yg seperti itu hans????jd tanda tnya nee hans klo mentalnya tempe kyk gitu, xixixixixi..... ;)
Yg namanya Blog itu ad Blog Pribadi, ad Blog Umum jadi orang yg blg dlm blogmu terlalu terbuka adalah org yg tdk terlalu paham dgn bagaimana menulis di blog itu, berfikir positif aj hans biarkan orang itu berkata apa tentang km yg jelas jgn hentikan karyamu, ak pun jg sama halnya dgn km tak sanggup atau tak mampu ku untuk cerita dgn orang kemudian unek2 semua ku keluarkan dlm tulisan di blog (klo tdk percaya baca blog ku yak malah lebih terbuka dri km, xixixixixi....) so SALAH klo km jd pesimis hans....!!!? ;)
Sedih n kecewa aj klo smp km tutup akun blogmu ini sayang seribu sayang,pesanku TETAPLAH BERKARYA Hans....!!!! Jgn patah semangat dan jgn pesimis, OK??? :)

ragilicious's notes mengatakan...

don't stop writing bro..
tulisanmu telah menginspirasi banyak orang, aku salah satunya. di sela-sela kesibukanmu sebagai praja masih sempet membuat tulisan yang bermutu.aku jadi terpacu juga buat apdet blog yang udah lama ga keurus gara-gara alibi kerjaan sebagai abdi negara :D. dan satu hal desain blogmu keren banget! kapan2 bikin tutorial desain blognya ya :D.

Wuri SweetY mengatakan...

Walah hans aku baru sebentar menikmati blog-mu, belum puas nich dan ga akan pernah puas krn aku ketagihan.
Aku baca postinganmu kali ini koq sedih ya...kayak mau diputus pacar aja rasanya. beneran nich ga lebay. Karena blogmu akhir2 ini menjadi salah satu pengusir sepiku di negeri orang. menepis kangenku ma bumi Indonesia.
Jangan ditutup dong blognya, jangan berhenti menulis. Lebih Banyak yang menghargai karyamu drpd yang mengabaikan hak2mu.
Maka kl km berhenti ngeblog akan lebih banyak yang kecewa krn ga bs baca blogmu lagi.
Kita peduli ma kamu hans krn itu kita selalu siap membantu saat kamu dikloning dengan seenak udel..
"Hans...Yameshinaide ne!!!Onegai."
(Hans...Jangan berhenti!!!Please.)

dhenok02 mengatakan...

kau belum berkunjung ke gubuk baru dhe Hans, sudah mau tutup buku aja.. dulu ketika masih di barata, saya selalu terkesima liat foto2mu ketika sedang liburan.. sayang, sepertinya nggak bakal ada lagi.. teruslah berkarya sobat :)

gloriaputri mengatakan...

aq bakal kecewa berat klo km sampe berhenti nulis gara2 itu hans...sunguh,
aq blm (dan jangan sampe) mengalami kayak yg km alami dan teman2 lain alami (mba enno, paramita)
tp plis, jgn terus km lenyap begitu saja...
aq suka baca postingan jalan2 km, nambah wawasan aq tentang wisata Indonesia,
aq suka cerita cerita galau mu,
aq suka postingan video mu :)
aq suka semua yang ada di blog ini...
kalau kamu ganteng, putih, seksi atau apalah, bukankah itu seharusnya kamu syukuri? jadi bagian anugerah yang Tuhan kasih ke kamu..
coba deh lihat masalah ini dari sudut pandang lantai 30 (baca filosofi itu kalau sempat di link ini http://gloriaputri.blogspot.com/2011/04/lantai-30.html)

Bertahan ya Hans :)
itu juga yang sedang aku lakukan :)
Hans harus semangat, okeh?
aq gak rela kalo km ngabur gt aja, berarti kamu LOSER...dan aq tau kamu bukan LOSER....

cheers Hans :)
Badai Pasti Berlalu

 

Blog Template by