Selasa, 30 Agustus 2011

happy ied mubarak!

Hello folks!

Happy ied mubarak, mohon maaf lahir batin. Senang rasanya lebaran kali ini, seperti biasanya saya bisa berkumpul dengan keluarga saya tanpa kurang satupun juga. Gak seperti lebaran tahun lalu, adik saya yang di UI nggak pulang karena baru aja masuk univ.

Seperti biasanya, saya, bonyok dan adik-adik saya sholat ied bareng di kelurahan. Lebaran kali ini rasanya beda ya, soalnya kepecah-pecah, ada yang lebaran hari senin, ada yang hari selasa, juga ada yang hari rabu, makanya suasananya jadi nggak rame kayak biasanya. Saya kangen gitu masa-masa lebaran nggak kepecah-pecah kaya sekarang ini. Perasaan jaman saya SD dulu, lebaran nggak beda-beda, semua orang sholat ied pada hari yang sama. Jadi rame!

Abis sholat ied, kami salam-salaman sama tetangga-tetangga. Kalo di kompleks saya itu ada tradisi tukar-tukar makanan. Misalnya gini, nyokap saya kan bikin soto medan, nah ntar dia nganter soto medan ke tetangga-tetangga. Begitu juga tetangga-tetangga, yang bikin ketupat sayur juga datang ke rumah saya sambil silaturahmi. Rasanya menyenangkan sekali. Apalagi makanannya. Saya jadi bisa menyalurkan bakat dan hobi makan saya yang kadang berlebihan. Saya aja udah makan 6 kali dari tadi siang (tapi tetep ga gendut-gendut).

Sesuai agenda tahunan, hari lebaran pertama saya dan keluarga jalan ke kampungnya bokap. Disanalah keluarga besar ngumpul. Sepupu-sepupu saya dari seluruh indonesia ngumpul di rumah nenek saya, walau nenek udah lama gak ada. Disanalah ngalor ngidul seharian. Tahun lalu, banyak sepupu-sepupu saya yang nggak bisa pulang karena emang dasar orang minang ya, jarang tinggal di kampung sendiri, kebanyakan tinggal di luar sumatera barat. Eh saya baru sadar kalo ternyata sepupu-sepupu saya udah banyak anak, udah gede-gede pula. Perasaan baru aja deh saya mandi nggak pake baju sama sekali di kali dekat rumah nenek, tau tau sekarang udah punya anak aja. Rasanya lucu ya. Dulu kita-kita yang anak-anak, eh sekarang kita-kita udah punya anak. Time, why do you flow so fast?

Dulu, jaman-jaman masih muda belia (ketauan sekarang udah renta), saya seneng banget sama lebaran. Alasannya mungkin sama dengan anak-anak lainnya, apalagi kalau bukan angpao sama pamer-pameran baju baru. Lebaran gini saya dulu selalu panen, semua keluarga bokap nyokap ngasi angpao lebaran. Jadi abis lebaran saya bisa langsung ke toko mainan, beli ini itu. Beli es krim sesuka hati. Eh, sekarang tau-tau saya udah nggak dapet angpao lagi. Lebih frontal, udah nggak ada cerita baju baruan. Susah ya jadi orang dewasa, haha. Malah sekarang saya yang ngasi angpao buat keponakan-keponakan yang masih kecil-kecil. Ternyata waktu jalannya emang kilat banget. Sampai-sampai saya nggak siap menerima perubahan-perubahan terlalu signifikan di hidup saya. Semua keluarga saya disini udah nganggap saya dewasa, padahal saya sendiri masih ngerasa seperti biasa. Tante-tante saya udah nanyain siapa calon bini, haha. Buset dah, jangankan kepikiran kawin. Calon pacar-pun belum ada.


Waktu kecil, setiap selesai pembagian raport, saya selalu dikasi hadiah sama bokap, paket jalan-jalan ke rumah nenek. Jelas, saya selalu rangking 3 besar dulu di kelas (sekarang aja otaknya udah rada cetek). Saya dulu seneng banget di kampung bokap, waktu nenek saya masih hidup. Bahkan saya udah punya teman akrab, namanya Wen. Tiap libur abis pembagian raport saya datang, biasanya seminggu dua minggu, dan saat itulah saya menggila sama si Wen. Kami biasa main-main di sawah, di kali. Trus mandi di pancuran, karena emang dulu di kampung bokap nggak ada kamar mandi sama sekali. Si Wen ini juga yang selalu nemenin saya lari-lari ke kolam ikan yang jaraknya 200 meter dari rumah, kalo saya kebelet boker.

Pas di rumah nenek, saya ketemu bapaknya Wen. Saya tanya si Wen apa kabarnya. Usut punya usut ternyata si Wen udah mau kawin! Buseet. Nambah lagi dah deretan temen-temen saya yang udah ngelewatin pelaminan. Masih inget banget di otak saya jaman-jaman saya dan Wen masih pede gila mandi telanjang bulat di kali, eh tau tau sekarang dia udah mau kawin aja. Tinggal saya yang bahkan calonnya aja masih ga jelas! HAHA. Tiba-tiba saya jadi kangen masa-masa childhood, masa-masa bebas sebebas-bebasnya, nggak terikat sama sekali. Nggak kaya sekarang, udah banyak ikatan, tuntutan, juga tanggungjawab. Saya pengen bebaaas, lepas, seperti dulu. Tapi ya itu, impossible.

Seharian ini saya udah kayak gajah bengkak. Banyak banget makan ini itu. Besok juga kayaknya dilanjutin dengan hari gajah bengkak part II, karena besok ngumpul di rumah keluarganya nyokap. Bisa dibayangin gimana banyaknya makanan yang bikin saya nggak kuat buat nyicip. Mudah-mudahan abis lebaran ntar berat badan saya nambah ya, nggak ceking lagi. Amin dong? Amiin.

Last, selamat idul fitri 1432 H, semoga amal perbuatan kita selama satu bulan penuh diterima Allah swt, dan menjadikan kita orang yang suci di idul fitri ini. Amin. Mohon maaf lahir batin ya, maaf kalau ada kesalahan yang disengaja maupun nggak disengaja, juga yang sengaja tapi pura-pura nggak sengaja. Biar saya bisa jadi orang yang baru untuk kedepannya. Buat temen-temen blogger, jangan lupa updetan hari lebaran kalian. Saya pengen tau gimana lebaran di belahan sana. Okeeeh!

Happy Ied Mubarak!

btw, thanks Ratri, for such a sweet post. i really appreciate it :)

18 blabla(s):

Saiaenno mengatakan...

waah sama doonk.. enno juga kemarin sibuk nganter-nganterin makanan.. tuker-tukeran gitu bahahaha

seneng nya sih jadi di jalan ame banyak anak-anak yang disuruh nyokapnya wara-wiri nganterin makanan ketetangga-tetangga

enank bgt ga gemuk2.. kalo gue.. makan sedikit langsung jadi dosa.. *loh??*hahaha

met idul fitri yah.. minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir batin ya hans.. :D

Inggit Inggit Semut mengatakan...

oh mas hans tuh orang minang? lebarannya hari ini mas? Saya besoook.
ya bagus dong walau makan banyak tapi gak gendut gendut! nanti kalo gendut apa gak takut cakepnya luntur? hiyahahahahaha.
btwbtw mohon maap lahir dan batin juga yak mas kali kali saya ngegombalnya gak kira kira hiyahahahaha.oh mas hans tuh orang minang? lebarannya hari ini mas? Saya besoook.
ya bagus dong walau makan banyak tapi gak gendut gendut! nanti kalo gendut apa gak takut cakepnya luntur? hiyahahahahaha.
btwbtw mohon maap lahir dan batin juga yak mas kali kali saya ngegombalnya gak kira kira hiyahahahaha.

Inez mengatakan...

Happy Ied Day!
Minal aidin walfaidzin!
Jadi kapan merit? <- di bold, italic, underline, font size 72 XD

*salam ceking!*

gloriaputri mengatakan...

hanssss....aq mau soto medannya :(
delivery yaaaaaa?

Azah Skaliskala mengatakan...

Selamat hari raya aidlilfitri Hans.
Maaf ye jika ada salah dan silap.
Wish you and family have a blessed eid :))

Dana Paramita mengatakan...

iyaaaaaaah happy eid mubarak juga bang, minal aidzin wal faidzin ya :D
btw abang maafin orang guy yg ngebajak itu ga? :p

rona-nauli mengatakan...

Amiin...moga2 selepas hari gajah bengkak II, nambah dah berat badannya :D

masih ada tradisi anter mengantar? wah, kangen....di kota gede dah ilang tradisi itu :(

Maaf lahir batin ya, Hans. Selamat merayakan kemenangan ... n selamat menikmati pertanyaa2n kapan menyusul Wen hehehe

AuL Howler mengatakan...

Salamaik hari rayo idul fitri baang :)

mohon maaf lahir batin.

hehe

Wuri SweetY mengatakan...

Bagi dong hans makanannya, aku sama sekali ga ada mknan khas lebaran nich....menyedihkan.

Maaf Lahir Batin ya Hans...tp belum lunas kl makanannya ga dikirim kesini. :) (hehehehe becanda lhooo)

Annesya mengatakan...

hans... sibuk amat kau lebaran, udah kaya artiz ajah.
met lebaran ya... maafkan kesalahan saya. semoga kita mencapai fitrah di mata Allah SWT. amin...

uchank mengatakan...

nyasar..
ehh ada orang makassar.

salam idul fitry :)

Enno mengatakan...

hans maapin ya klo ada salaaah...
met lebaran dan liburan.

smoga berat badannya nambah deh....
hahaha ironis, aku malah berdoa berat ga naik abis lebaran

wkwkwk

ied mubarak, brotha! :)

Fitri 'A mengatakan...

Selamat Hari Raya bang!
mohon maaf lahir dan bathin.

Gogo Caroselle mengatakan...

Hansy,
selamat lebaran sayang...
Mohon maaf kalo ada salah ya... Semoga tahun ini bakal jadi tahun yang lebih sukses lagi buat kamu dan tetap jadi berkat buat sekitar, aminnn... :)

Ratri Anugrah mengatakan...

You're welcome kak :)
Selamat idul fitr juga ya
Minal aidzin walfaidzin

Febriasop mengatakan...

Maap lahir batin! ^^

maya mengatakan...

happy ied hans, bagi donk kue lebarannya, hehehee......

Wulan W Ratri mengatakan...

halo.. blognya bagus deh.. salam kenal ya... jika tak keberatan, follow blog saya juga ya.. makasih mas.. :)

 

Blog Template by