Minggu, 25 September 2011

Welcome to Bali - Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

hello world!
rasanya nggak lengkap ya ngomongin indonesia kalo nggak pake 'bali'. sampai detik ini belum ada satupun provinsi di indonesia yang mengalahkan bali dalam hal pariwisata. percaya atau nggak, saya udah keliling-keliling indonesia, dari sumatera, jawa, kalimantan, sulawesi sampai maluku, tapi saya samasekali belum pernah ke bali! haha. beruntung kampus saya ngasi cuti lebaran lebih lama tahun ini jadinya saya bisa menghabiskan satu minggu di tanah para dewa ini.

backpacker narsis


Ngurah Rai International Airport


i dont know apa namanya ini

dua hari stay di depok, saya terbang ke bali! dari bandara ngurah rai saya dijemput temen kelas saya waku SMA, Lucy. sekarang dia kuliah di kedokteran hewan udayana. dari bandara kita langsung naroh barang dan langsung jalan! oia, perlu diketahui kalo di denpasar itu nggak ada angkutan umum selain taksi, ada sih kayaknya, tapi jumlah dan rutenya terbatas banget. jadi kalo mau jalan kudu pake kendaraan pribadi. bagi yang backpacking dengan dana terbatas seperti saya ini, langkah terbaik adalah cari motorbike rent, di denpasar banyak kok. satu motor tarifnya 50 rebu sehari. lebih hemat daripada naik taksi kemana-mana.

GWK (Garuda Wisnu Kencana)

GWK gate


garuda dan tangan wisnu yang super gede


di bukit2 kapur (please dont tell me that my pose was weird)


pemandangan dari plaza garuda


plaza garuda


wisnu yang ga kalah gede


main gamelan



look at my back

first impression: bali is freaking amazing! i love the beaches, i love the people, i love the food, i love everything! saya diajak Lucy ke GWK alias taman budaya garuda wisnu kencana. GWK ini terletak di desa ungasan, kuta selatan, kabupaten badung. sekitar 20 menitan dari bandara ke arah kampus udayana badung. disinilah patung wisnu dan garudanya yang direncanakan akan menjadi patung tertinggi di dunia berdiri. tapi sayangnya udah bertahun-tahun patung ini begini-begini aja, nggak selesai-selesai. patung ini dibuat dari berton-ton tembaga dan perunggu dan masih dalam kondisi belum selesai. tangannya dewa wisnu udah selesai, cuma belum dipasang. garudanya juga masih kepalanya doang. begini nih indonesia, kalo bikin sesuatu suka setengah-setengah. kayak patung gwk ini, kan proyek orde baru. giliran sekarang udah reformasi, nggak dilanjutin deh proyeknya. padahal rencananya ini patung tingginya bakalan 150 meter, trus bentang sayap garuda-nya 64 meter, melebihi patung liberty di new york. bangga banget pasti indonesia kalo patung ini kelar.

pertama, saya jalan-jalan di areal bukit kapur, di bagian bawah plaza garuda, tempat yang biasanya dijadiin tempat syuting FTV itu loh. sumpah cakep banget! can't tell you more. too cool to be told. liat aja picnya ya. :) terus saya jalan ke plaza garuda, tempat kepala garuda-nya wisnu. disini patung gwk bakal diletakkan kalo udah bener-bener rampung. disini juga ada mata air suci yang udah ada sebelum gwk dibangun. katanya kalo berdoa disini, doa kita pasti terkabul. percaya nggak percaya sih. saya coba doa aja, kalo terkabul ya bagus, kalo nggak terkabul ya udah nggak apa-apa, emang udah nasib haha. dari plaza garuda, kita jalan ke plaza wisnu, tempat patung wisnu yang setengah jadi sementara diletakan. plaza ini merupakan titik tertinggi di bali selatan, disini juga ada teropong binocular, buat liat bali dari ketinggian. satu koin untuk 5 menit harganya 5 rebu. saya nggak nyoba, tapi saya nyoba mainin gamelan dari bambu di dekat modelnya gwk, di sebelah pura.

left: penari yang maksa saya ke panggung
right: saya yang mlongo dan si india yang pede gila


twin brothers?


namanya barong (kalo ga salah)


sebenarnya disini juga ada arena outbond, namanya lotus pond. ada flying fox, marine bridge, hill climbing, segway riding. tapi lagi-lagi karena budged yang terbatas, saya nggak nyoba. jangan sampai ntar duit saya habis disini dan nggak bisa pulang ke kampus di bandung. alhasil, saya nonton tari bali di Amphiteather. Ini yang menurut saya paling menarik. di pentas yang nggak terlalu luas inilah biasanya tari-tari bali ditampilkan mulai jam setengah enam sore, gratis buat semua pengunjung. ini pilihan yang pas banget buat nonton tari kecak gratisan, daripada ke uluwatu, jauh dan harus bayar 75 rebu per kepala. Tari pertama yang ditampilin pertama adalah tari bumbung. dari awal Lucy udah ngasi tau saya kalau biasanya penarinya suka ngajak penonton naik ke atas panggung buat nari bareng. Dan tebakan Lucy ternyata benar, tiba-tiba penarinya nyamperin saya ngajak ke panggung buat nari bareng. lah, saya langsung bengong dan nurut aja. buseeet pas nyampe panggung saya nggak tau mau ngapain, mau nari tapi nggak pede soalnya yang nonton bule semua. sumpah malu banget! harusnya saya goyang aja waktu itu, mana yang nonton banyak banget! langsung jadi kepiting rebus deh muka saya. terakhir, ada turis dari india yang dengan pedenya langsung naik ke panggung sambil nari, pede banget dan feelnya dapet banget, saluuuuto!

terakhir, saya ke Balairung Dewi Sri. disini ada layanan gratis lukis karikatur wajah, nail painting, sampai breeding hair juga ada. sayangnya saya nggak nyoba, tapi saya sempat liat-liat topeng-topeng khas bali yang serem banget itu. dari Balairung Dewi Sri, saya pulang karena malamnya akan jadi malam minggu yang panjang. Ntar deh saya lanjutin!

Ini saya punya beberapa info mengenai GWK, semoga bermanfaat buat yang mau jalan-jalan kesini:

Information Corner
Location: Jln. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung
(about 45 minutes from Ngurah Rai International Airport)

Web: http://gwk-culturalpark.com
Open: 09.00-22.00 wita $: idr 25.000
Contact: 0361-703603
Its best for you to come at 4 pm, walk around before dance performance,
hope this useful!

23 blabla(s):

dhenok02 mengatakan...

hahahaha, dan lagi2 dengan bangganya kamu pamer foto yaaa.. belum pernah ke Bali Hans, keluar palembang paling jauh cuma ke Jogja.. haduuuhh, nasib..

Lia mengatakan...

satu kata
#ngileeeerrrr

sementara gue sedang berkutat dengan tugas pengantar matematika dan kalkulus -,-

Fitri 'A mengatakan...

Semoga ketularan-semoga ketularan-semoga ketularan *berdo'a khusyu*

Gloria Putri mengatakan...

aduhh...aq pengen masuk ke dalem gwk...krn dulu pas kesana sial bgt pas lg dapet kan ga boleh masuk :(

hiksssssssss, hans bikin iri aja deh

Asop mengatakan...

GWK? Gelora Wung Karno. :D

*emang GBK*

Hans Brownsound ツ mengatakan...

@dhenok: loooh. bukan pamer foto ini dhen, hehehe
@lia: haha. gue juga sekarang udah kuliah tau. udah masuk 'penjara' lagi haha.
@fitri: amin amin amin :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

@Glo: ayoooo. ke bali lagi. aku ga kuat nih, pengen balik lagi rencananya :p
@Asop: iya! bener banget! ya tuhan, einsten modern telah lahir, hahaha

Inggit Inggit Semut mengatakan...

kyaaaaaa msa hans ikuuuuuttt!!!!!
anyway, love that red shirt on you hehehehe

Dhani mengatakan...

wuaa.. asyik tuh ke Bali, baru sekali gua kesana tuh, pengen kesana lagi belum ada waktu yg cukup :)

AndilineThea mengatakan...

sempet ke Uluwatu/daerah Bali atas gitu ga kak? disana juga gak kalah keren loohhhh

Tie mengatakan...

liputan tentang sisi lain Bali.. keren.. heemmm... jadi pengen ke GWK.. :)

Gogo Caroselle mengatakan...

Ahhh postingan tentang bali..
isnt it awsome hansy..
and as always you look like you're having fun! :)
anw, red suits you well!
:)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

inggit: hahaha. thanks dek :D
dhani: ayo ayo, jalan-jalan ke bali :)
andiline: udah kok dek! tunggu aja di postingan selanjutnya ya :)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

tie: ayo ayo ke GWK :D
gogo: waaaa, thanks gogo ^_^

Ervina Lutfi mengatakan...

weiss jadi kangenin bali nih.. :')
berkunjung balik yaa

Maulana Nur Rachma mengatakan...

bang suka foto yg sama kembarannya :D

Penghuni 60 mengatakan...

wah, bnr2 komplit bgt foto2nya...
jd berasa ada di Bali beneran nih, pdhl blm pernah kesana...
thanks ya dah berbagi pengalamannya..
salam

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ervina: okeee :)
maulana: hahaha :p kembaran yg beda banget :p
penghuni: siiip :)

Ervina Lutfi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kiki mengatakan...

twin brothers! hahahah he looks so much like yaaa :p :p :p

Hans Brownsound ツ mengatakan...

kiki, ure silly! x))

deenee mengatakan...

tau mas, aku lho blm pernah menginjakkan kaki di bandara ngurah rai hhhhhahahhahaa xD
parah yaaaaa

Batik Depra Yudha Madura mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
 

Blog Template by