Rabu, 14 Desember 2011

i need another sunshine


Senang akhirnya bisa menulis lagi setelah sekian lama vakum. Jujur, akhir-akhir ini saya tak punya inspirasi apapun untuk menulis. Yang ada kalau saya nulis, keluhan-keluhan dan ketidakpuasan yang berlebihan. Bet all of you are sick of crap things like that. Life’s hard, everyone faces it. Tapi saya rasa kadang saya tidak cukup kuat menghadapinya, tak tahulah kenapa secara psikologis, saya lemah. Dan akhir-akhir ini sepertinya fisik juga.

Beberapa minggu lalu saya terserang penyakit yang tidak jelas. Saya udah ke dua klinik tapi penyakitnya gak terdeteksi apa. Saya bangun pagi-pagi, kepala saya sakit luar biasa, badan saya meriang, dan perih di perut. Saya coba berobat ke klinik asrama, tapi jangankan diperiksa, saya cuma dikasi obat magh dan beberapa vitamin aja. Nggak puas, saya datang ke klinik di luar kampus, diperiksa dan kata dokternya saya sepertinya terinfeksi virus atau bakteri apa gitu, saya nggak ngerti. Katanya kalo dalam dua hari nggak baikan, balik lagi buat cek darah. Karena saya nggak bebas keluar-masuk kampus (cuma bisa keluar sabtu-minggu doang), saya nggak jadi cek darah. Saya berakhir di tempat tidur dengan selimut dan kaos kaki tebal selama 10 hari penuh tanpa ikut kegiatan sama sekali.

Beberapa hari pertama saya cuma mengalami sakit di bagian perut, asumsi saya magh saya kambuh. Lambung saya memang lemah, dari kecil udah biasa mah saya sakit magh. Nah, yang barunya nih, saya kemudian batuk-batuk berdarah. Saya belum pernah begini sebelumnya. Ini 3 minggu setelah saya sakit, udah baikan sih, badan udah mulai enakan, tapi ini sakit di kepala bagian belakang sampai sekarang gak ilang-ilang. Gampang banget kayaknya saya terserang penyakit. Saya udah berhenti minum obat yang banyak banget itu. Mudah-mudahan penyakit ini cepat-cepat kabur, dan saya bisa normal lagi. Saya udah kehilangan 3 kilo dalam 2 minggu, ketika butuh 3 tahun bagi saya untuk bisa naik 3 kilo. Crap.

Saya rasa saya terlalu banyak berpikir, terlalu banyak khawatir. Bukan, bukan berpikir tugas-tugas dosen ataupun kuliah tentunya. Saya tidak pernah bisa berurusan dengan baik dengan hal itu. Benar-benar tidak bisa. Mungkin kemalasan saya yang berlebihan atau memang kecerdasan saya yang tak cukup untuk dijejali teori-teori yang sama sekali tak tampak menarik di mata saya. Saya sering mengeluhkan ketidakmampuan saya untuk melakukan apa-apa di bidang studi yang saya jalani. Kadang saya merasa salah jurusan, kadang blabla, kadang blabla. Tak tahu lah jenis ilmu apa yang cocok dengan orang seperti saya. Mungkin karena terlalu banyak berpikir dan khawatir, kesehatan saya jadi gampang terganggu, dan berakhirlah saya di tempat tidur.

Saya udah nggak sabar pengen cepat-cepat lulus. Pengen bebas lagi, pengen cari tau apa sih sepertinya yang saya mau. Ini udah desember. Januari, februari, maret, april, mei, juni, juli, agustus dan luluslah saya! 8 bulan lagi kalo nggak ada halangan, saya lulus. Dan untuk lulus saya harus BKP dulu, harus Magang dulu, harus UAS dulu, harus bikin laporan magang, harus bikin LA, harus ngurusin banyak tetek bengek dulu. Mudah-mudahan nggak ada halangan deh ya. Dan semoga 8 bulan ini terasa singkat. Saya nggak kuat lagi lama-lama.

Udah jadi tradisi kayaknya tiap libur natal desember saya jalan-jalan dulu sebelum pulang cuti. Tahun-tahun sebelumnya saya jalan-jalan ke Surabaya, Malang, Garut. Tahun ini saya memutuskan untuk gak kemana-mana, langsung aja pulang ke Padang. Mungkin stress saya udah nyampe puncak sampai gak kepikiran lagi buat ngapa-ngapain. Saya pengen pulang, liburan di rumah tanpa mikirin apa-apa dulu. Saya pengen ngerasa bebas dan gak mikir apa-apa untuk sementara waktu. Saya pengen makan sepuasnya, tidur sepuasnya, nonton tv, berenang pagi-pagi, sepedaan sore-sore, belajar masak lagi, belajar bikin es krim, pokoknya saya mau hibernasi di rumah. Kalo perlu saya kunci pintu rumah plus matiin handphone, biar saya bisa bebas dari semuanya walau untuk tiga minggu aja. Alasan lain, saya benar-benar kehabisan uang. Duit saya habis buat jalan-jalan ke Maluku sama Bali tahun ini. Gak ada tabungan lagi di rekening saya, hehe.

Januari nanti kalo nggak ada halangan, saya bakal BKP di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Abis itu magang di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Masing-masing satu bulan, dan i have no excitement at all. Mudah-mudahan deh abis hibernasi 3 minggu saya mulai ada semangat lagi. Seriously, now, i have no ambition. I wake up with no spark, no passion, often with regret. I’m stucked in the middle with nowhere to start. I can’t go right, i can’t go left. Negative feelings consumed me so bad.

Semoga deh ya, desember memberikan efek resolusi bagi saya. Saya mulai lagi menyortir mimpi-mimpi saya, memenej kehidupan nyata saya biar semuanya lebih seimbang. Januari akan segera datang, sudah seharusnya saya semangat lagi untuk hidup saya. Semoga deh ya. Semoga.


14 blabla(s):

Enno mengatakan...

dear hans,
adakalanya aku jg merasa blank.
kehidupan yg membosankan hrs di rmh, mjd pengurus rmh tangga, menjaga bokap... dan melupakan kehidupan sosialku yg menarik di jkt.

itu bikin aku sering gak enak badan. gejala psikosomatis yg lumayan kerap. sering migren, srg skt lambung, sering tiba2 ga brtenaga smp brg yg dipegang jatuh.

tp satu yg sll aku yakini adl: bhw semua ini pasti akan ada hikmahnya. ngurusin ortu kan ibadah.
begitu juga menuntut ilmu spt kamu skrg.

so, be strong. be tough.
Allah bersama org2 yg sabar

cepet sembuh yaaa ;)

Ayumi Handini mengatakan...

semangat lah bang... 2 hari lagi cutii toh..
mending konsul di klinik yg lebih terpercaya deh,, KSA gak mutu soal ginian..
cepet sembuh .. :)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

enno:
:D iya enn. semoga bener ya, segala sesuatu itu ada hikmahnya.
thankieeees :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

ayumi:
thanks ya dek.
mudah-mudahan cepet sembuh ya.
o ya, selamat cuti! :D

Lita mengatakan...

Waaa, Hans. Lo baru pertama ngalamin, gue udah sering. Secara psikologis gw rada ngebingungin, dan mood gw pasang surut. Pernah gw ngerasa panas dingin, ngendon aja seharian di kamar. Kaya orang sakit beneran, batuk, pucet, pilek, sakit perut, muntah2, ya kaya gitu deh... tapi pas diperiksa, si Dokter bilang, "Gak papa, cuma agak stres dan drop aja."
My Gooooodddd, gak ada diagnosa lain ape? Tapi setelah ditimbang2, tuh dokter bener, gw stres, bosen dengan hidup, atau bosen idup kali, ye... jadi gw cari kerjaan, deh. Nyibukin diri. dan begitulah, sekarang setiap, mood gw gak tentu, gw kerja, kerja dan kerja, baru tepar, begitu badan bener2 capek. Emang konyol, tapi begitu cara gw ngatasin semua disorder2 pikiran...
Jadi curhat. But, i do wanna share.
Moga cepet sembuh, Bro...

Enno mengatakan...

hans
pokoknya hrs diyakini bhw semua ini gak bakal sia2. ok? :D

@lita: itu gejala psikosomatis juga kakaaak...

aww! kenapa kitaaa? :P

arik mengatakan...

Semua orang (muda) pasti pernah mengalaminya. Itu yang sering disebut enno sebagai ababil.

Tapi seiring waktu, semuanya akan berlalu. Dan (insya Allah) You will be the person who know your life direction.

[Samm*] Photohobbyist mengatakan...

hans, what's up??
ayo semangattt!!
biasa itu hans, jenuh aja. nanti kalo sedang BKP dan magang baru tahu..ohh mata kuliah ini buat kerjaan ini, mata kuliah itu buat kerjaan gitu, dst..
cepet sembuh ya..amiin
fbnya kenapa? hehe

primadona mengatakan...

hans...

magang di kab 50 kota di daerah mna nya?

smangad trus ya..
smoga cpt smbuh ^^

Hans Brownsound ツ mengatakan...

lita;
exactly feel the same lit.
bosen sama idup, apa bosen idup ya sebenernya ;(
semoga deh cepet sembuh ni penyakit psikologis begini. perasaan makin tua gw makin ga jelas deh. SMA mana pernah gw begini.

enno:
haik! :D
itu dia pertanyaannya, kenapa kita enn? kenapa? kyknya harus bikin grup psikomatis nih haha

Hans Brownsound ツ mengatakan...

arik:
amin for "You will be the person who know your life direction." haha.

sam:
thanks sam. FB udah ditutup. ngerasa gak nyaman aja sama facebook akhir-akhir ini :)

Hans Brownsound ツ mengatakan...

primadona: thanks dona. :D
di dinas kab 50 kota don, belum tau dimana sih, tp pengennya di pariwisata :D

Winnie mengatakan...

There's a silver lining behind every cloud, things will work out for the best :)

Sabar ya & cepat sembuh ...

dilis mengatakan...

Berbahagialah masih bisa mengalami semua hal tersebut,manusiawi bukan?menikmatinya menjadikan semuanya lebih indah...selamat menikmati diri sendiri.percaya deh, seorang anak muda yang mempunyai pemikiran berbeda harus selalu berpikir optimis tentang hidupnya sendiri yang akan menjadi indah.bukankah hidup itu indah he...xx

 

Blog Template by