Sabtu, 20 Desember 2014

Bangkok: Chao Praya and Wat Arun (2)

Bisa ditebak, besok harinya kita semua bangun kesiangan. Begitu bangun, saya dan teman-teman langsung gantian mandi. Saya yang mandi duluan. Sambil nunggu yang lain selesai berberes,  saya turun ke lantai bawah. No wonder, pasti ke dapur lah ya, kemana lagi. Diluar perkiraan saya, pagi-pagi di dapur udah rame, ada beberapa cewek-cewek muda hijabers lagi masak, sementara cowok-cowoknya nongkrong di meja makan. Saya langsung mengambil secangkir teh dan beberapa majalah dari rak-rak buku. Dari bicaranya akhirnya saya sadar kalo rombongan orang-orang di dapur ini ternyata orang Indonesia juga. Saya memberanikan untuk menyapa mas-mas yang saya lupa namanya itu. Ngobrol-ngobrol, ternyata mereka adalah rombongan mahasiswa dari Surabaya yang lagi study tour ke Universitas di Bangkok. Mengetahui mereka masih mahasiswa, saya tiba-tiba jadi ngerasa tua. Saya udah dua tahun lulus dan langsung kerja. Jadi pas kembali ke kamar saya langsung kacaan, apa iya ya saya udah setua itu, kok saya ngerasa masih kayak abege. *mikir*. Oke mari kita skip, sebelum makin random. Hahaha.
Hari pertama di Bangkok rencananya kami akan berkunjung ke Wat-wat alias candi-candi di sekitar sungai Chao Praya. Saya nggak ambil pusing karena sesuai perjanjian awal, Rama yang bertanggungjawab segala hal tentang trip kami di Bangkok, sementara saya bertanggungjawab di Vietnam. Alhasil di Bangkok saya cuma ngekor aja di belakang. Bangkok pagi-pagi itu menyenangkan. Banyak yang jualan sarapan ‘aneh-aneh’ di pinggir jalan. Jajanan juga beragam. Jalanannya juga nggak se-hectic jalanan di Jakarta. Dari Queen Sirikit kita langsung naik MRT ke Siam setelah transit di Sukhumvit, lalu naik BTS ke Saphan Taksin. Karena memang berencana muter-muter Bangkok dari pagi sampe malem, kita sepakat untuk beli one day pass masing-masing. 120 baht untuk MRT dan 140 baht untuk BTS. Jauh lebih murah dan simpel daripada harus bolak balik beli tiket di tiap stasiun. First impressionnya, transportasi publik di Bangkok itu lebih murah, simpel, dan aman. kita tinggal baca peta dan nggak mungkin kesasar. Nggak heran deh kenapa Bangkok jadi kota paling banyak dikunjungi oleh traveler dunia. Saya jadi tiba-tiba ngebandingin dengan Jakarta. Sebelum berangkat ke Bangkok saya sempat dapat pengalaman buruk di ibukota negara kita tercinta itu.  Jadi ceritanya hari itu saya janjian ketemuan sama temen yang udah lima tahunan nggak ketemu di sebuah kafe di Benhil. Balik dari sana, saya naik busway ke kosan temen di Pacenongan. Pas mau keluar dari bus, tiba-tiba saya ngeliat ada tangan merogoh saku saya, hape saya udah tiga perempatnya keluar. Refleks saya langsung putar badan dan nonjok orang itu tepat di hidungnya sampai dia tersungkur di lantai bus. Semua orang ngeliatin saya, nanya kenapa. Saya takut itu orang bawa komplotan, jadinya saya memilih ambil langkah seribu meninggalkan halte. Kejadian itu benar-benar nggak bisa saya lupain sampai saat ini. Masih jelas banget dalam pikiran bagaimana orang itu tersungkur sambil megangin idung. Nyopet sih. Saya aja nabung dulu baru bisa beli hape, masa dia tinggal ambil doang. Enak banget. Saya nggak bilang Bangkok aman sih, banyak scam dimana-mana. Tapi setidaknya untuk transportasi publiknya, Bangkok lebih unggul. Mudah-mudahan kalau MRT udah jadi ntar Jakarta nggak seruwet sekarang ya.
dimana ada beringin, disitu ada sesajen
one day pass
 the Chao Praya
 wat arun from the river
Hal lain yang saya sadari di Bangkok adalah orang cakep bisa ditemukan dimana-mana. Muka mulus bak porselen plus body ala-ala supermodel bisa dengan mudah ditemukan di konter imigrasi, money changer, stasiun MRT, kafe-kafe, bar, dimana-mana. Terus terang hal ini sangat meresahkan (baca: menggoda iman) baik buat saya ataupun teman saya yang lain hahaha. Saya nggak tau kenapa saya jadi nulis ini. But yes, it’s true. Beberapa sempat flirting-flirting ke saya, tapi karena saya orangnya setia, ya nggak saya tanggapin. Walau ujung-ujungnya setia tiada guna juga sih. #curhat #teteup #yasudahlah.
Oke, back to the trip. Nyampe di Saphan Taksin, kita langsung menuju Central Pier alias dermaga pusat. Awalnya bingung, terus karena banyak yang naik perahu berbendera orange, kita juga ikutan. Tujuan perdana kita, Wat Arun alias Temple of Dawn, jadi kita harus  turun di N8. Perlu diketahui kalau spot-spot pemberhentiannya ditandai dengan nomor, misalnya Wat Arun di N8 atau Grand Palace di N9. Kami sendiri nggak berencana mengunjungi Grand Palace karena setelah dipikir-pikir, tiket masuknya agak mahal dan menurut Rama yang udah pernah kesana, nggak worth it. Pas kapalnya udah jalan, baru datang mbak-mbak yang ngedarin tiket. Kita bayar 40 baht per orang. Disana saya baru sadar kalau ada dua perahu sebenarnya. Satu yang berbendera orange, perahu untuk turis yang harganya agak lebih mahal. Sementara ada satu lagi yang berwarna merah, biasa dipake masyarakat yang harganya lebih murah, kalo nggak salah sekitar 15 baht. Sepanjang perjalanan perahu kita disuguhi pemandangan air sungai Chao Praya yang keruh dan banyak eceng gondok. Kalo saya liat dari gedenya mirip-mirip sungai Martapura di Kalsel, bedanya Chao Praya kanan-kirinya udah berdiri gedung-gedung tinggi. Nyampe di dermaga N8, kita harus nyebrang lagi naik perahu yang berbeda. Kali ini cuma bayar 3 Baht sahaja. Yaiya wong cuma nyebrang doang.
 mbak-mbak "murah.. muraaaah"
 the gate

silahkan pilih mau doa sama dewa yang mana
Sawadee!
Akhirnya sampailah kita di Wat Arun alias Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara (uh, belibet). Fee entrance-nya 50 Baht. Kita langsung disambut sama dua patung gede, yang putih namanya Sahassa Decha, yang hijau namanya Thosakan. Nah, bukan hanya disambut sama kedua patung itu aja, saya juga disambut mbak-mbak yang nawarin foto pake baju tradisional Thailand. Karena liat Roni make baju yang ada Indonesia-indonesianya, dia langsung ngomong pake bahasa Indonesia juga, “Foto baju thailand.. murah murah.. 200 baht saja.” Jago banget ini mbak promonya, pikir saya. Wat Arun sendiri sebenarnya adalah candi Budha yang telah berdiri dari abad ke 17, dikala ibukota Thailand saat itu masih bernama Ayutthaya. Nama Arun berasal dari nama Dewa Aruna, God of Dawn dari mitologi Hindu India. Makanya namanya juga jadi temple of dawn. Yang nggak saya ngerti, Wat Arun ini candi Budha tapi kenapa dewanya dari dewa Hindu ya?
Wat Arun terdiri dari tiga lantai yang menggambarkan neraka, bumi dan surga. Nah, kita cuma bisa naik sampai tingkat Bumi. Selain tempat berdoa, Wat Arun juga biasa dijadikan tempat penyimpanan abu jenazah. Orang-orang percaya kalau abu orang yang sudah meninggal disemayamkan disini, arwahnya akan hidup bersama Budha dengan damai. Waktu terbaik untuk mengunjungi Wat Arun adalah sore hari, menjelang matahari terbenam, karena cahaya matahari memantul dari pecahan-pecahan porselen yang ditempel di hampir seluruh bagian candi. Jadi kesannya candi kayak bersinar gitu. Saya pengen banget sebenarnya naik ke atas candi yang curam ini. Tingginya sekitar 80 meter dengan tangga dengan kemiringan 70 derajat. Dari atas sana kita bisa melihat aktifitas di sekitar sungai Chao Praya, tapi karena lagi direnovasi, apa daya, cuma bisa mandangin penuh harap dari luar. Satu jam selanjutnya kami habiskan untuk muter-muter kompleks candi, yang ternyata bikin pegel juga.

9 blabla(s):

lidya kharisma mengatakan...

Kak hams mnta pin bbnya donk ,please bingit

Onixtin Sianturi mengatakan...

wahaha! tiati kak sama imigran yg mukanya oriental!
eniwei, tripnya ribet sih tapi jadi kebawa suasana pas baca hihi :)

asti wirasasti mengatakan...

Bang hans. Minta nomer hpnya. Aku tiap hari mimpii hans. Plis bang. Pliss banget. Ak pengen denger bahahhahahaha

Hans Febrian mengatakan...

faaaakyu asti! hahahahha

sorry ga pake bbm hehe.

imigran? :o

asti wirasasti mengatakan...

Bang hans. Ak hilang tanpamu. Bang hans. Oh bang hans..
*btw eike makan nasi di warung depan, trus gak bawa duit, jadi ak masukin kas bon-nya bang hans* bye !

Hans Febrian mengatakan...

dasar orang gila, hahahahaha.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.